Universitas Terbaik di Prancis

Dalam daftar peringkat kampus kelas dunia, Prancis tidak pernah absen. Bahkan, universitas terbaik di Prancis selalu masuk dalam urutan 100 besar universitas terbaik di dunia. Negara yang sangat terkenal karena landmark menara Eiffel ini memiliki banyak universitas elit yang tersebar di berbagai kota seperti Bordeaux, Strasbourg, Toulouse, Lyon, dan Paris.

Banyaknya mahasiswa mancanegara menciptakan kultur unik pada kota-kota pelajar tersebut. Selain itu, Prancis banyak dilirik para mahasiswa asing berkat biaya kuliah yang terbilang lebih murah dibanding beberapa negara lain di Eropa. Nah, bila kamu penasaran, yuk kenali universitas-universitas terbaik di Prancis berikut ini berdasarkan QS World University Ranking.

1. École Normale Supérieure (ENS Paris)

Kampus yang berlokasi di kota Paris ini menempati peringkat pertama universitas terbaik di Prancis, dan masuk top 10 besar perguruan tinggi terbaik di Eropa. Berdiri pada tahun 1794, ENS terkenal sebagai institusi riset yang elit di Prancis. Peraih Nobel Matematika dan bidang sains lainnya banyak yang merupakan alumni dari ENS. Keren sekali kan!

2. École Polytechnique ParisTech

Perguruan tinggi yang satu ini selama lebih dari 200 tahun telah sangat dikenal sebagai tempat pendidikan terbaik di Prancis untuk ilmu teknologi dan sains. Peringkatnya ada di 35 besar dunia. Karya inovatif yang monumental yaitu kereta super cepat TGV yang hanya ada di Paris adalah hasil karya universitas ini. Selain itu, kampus ini juga banyak menelurkan karya seperti reaktor nuklir, pesawat terbang komersial Airbus, dan sistem komunikasi seluluer GSM. Luar biasa!

3. Université Pierre et Marie Curie (UPMC)

Satu lagi perguruan tinggi elit di Prancis dan menempati peringkat 115 besar dunia adalah UPMC. Universitas ini adalah pusatnya pendidikan kedokteran dan sains di Prancis. Nah, bila kamu ingin menjadi dokter, kampus yang saat ini memiliki sekitar 30.000 mahasiswa ini adalah tempat yang tepat untukmu.

4. Ecole Normale Supérieure de Lyon

Berikutnya ada universitas yang telah berdiri sejak abad ke-19 dan merupakan universitas yang terkenal unggul dalam pengembangan empat kajian strategis yaitu inovasi digital, interdisiplin, internasionalisasi, dan interaksi masyarakat. Ecole Normale sendiri ada di peringkat 179 dunia.

5. Sciences Po Paris

Nah, ini dia kampus unggulan di Prancis dalam soal ilmu sosial dan humaniora. Sciences Po Paris berdiri sejak tahun 1871 dan saat ini memiliki kurang lebih 12,000 peserta kuliah. Kampus ini saat ini menempati peringkat 222 besar dunia.

6. Université de Strasbourg

Sejarah berdirinya universitas yang satu ini cukup menarik. Awalnya, di tahun 2009 bergabung tiga perguruan tinggi di kota Strasbourgh yaitu Louis Pasteur, Marc Bloch dan Robert Schuman. Resmilah, Universite de Strasbourg berdiri. Kampus ini memiliki jumlah mahasiswa sebesar 41.000 lebih yang sekitar 20%-nya adalah mahasiswa asing.

7. Université Paris-Sorbonne (Paris IV)

Bagi penggemar karya-karya novel Andrea Hirata, pasti tak asing dengan universitas yang satu ini. Novelis populer tanah air ini memang banyak menceritakan tentang Universite Paris Sorbonne di novelnya. Kampus ini unggul dalam ilmu sosial, bahasa, dan seni. Selain itu, ia juga merupakan salah satu institusi riset populer di Eropa.

Nah, itu dia 7 universitas terbaik di Prancis yang sekarang sudah kamu ketahui. Jadi, yang mana nih universitas yang akhirnya menjadi pilihanmu untuk melanjutkan studi?

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.