Universitas Terbaik di Malaysia

Ini dia nih, negara tetangga kita yang paling memiliki kedekatan erat baik dari segi geografis, sejarah, budaya hingga kulinernya. Sebagai salah satu negara tetangga, Malaysia menjadi tujuan banyak orang Indonesia untuk melanjutkan studinya. Jika 40 tahun lalu Indonesia adalah negara favorit orang Malaysia untuk melanjutkan studi, saat ini kondisinya justru berbalik.

Harus diakui bahwa kualitas beberapa universitas di Malaysia sedikit lebih unggul daripada di Indonesia. Maka, tak ada salahnya bila kamu hendak mengenyam pendidikan lanjut di universitas terbaik di Malaysia atau yang dikenal sebagai Negeri Jiran ini. Mau tahu daftar universitas terbaik di Malaysia lebih lanjut? Ini dia daftarnya.

1. Universiti Sains Malaysia (USM)

USM memiliki tiga kampus yang tersebar di Penang, Seri Ampangan dan Kubang Kerian. Kampus utama yang berada di Penang merupakan sekolah camuran dari jurusan pendidikan, teknik industri, manajemen, seni, bahasa, ilmu sosial, sains, komputer, matematika, farmasi, dan biologi. Sedangkan kampus yang ada di Seri Ampangan adalah kampus yang memiliki jurusan teknik ruang angkasa, teknik kimia, teknik sipik, teknik mesin dan teknik material. Terakhir, ada jurusan kesehatan, kedokteran, dan kedokteran gigi di kampus yang ada di Kubang Kerian. Kampus yang semula bernama Universiti Penang ini berdiri pada tahun 1969 dan merupakan universitas yang memiliki reputasi baik di tingkat internasional.

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

UPM yang berdiri pada tahun 1931 ini semula hanyalah sekolah pertanian yang lalu mengalami kemajuan pesat. Selanjutnya, di tahun 1997, UPM diresmikan menjadi universitas oleh pemerintah Malaysia. Saat ini, UPM adalah universitas yang paling unggul dalam bidang riset di Malaysia dan juga diakui kalangan internasional.

 

 

3. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

UTM awalnya adalah sekolah teknik yang berdiri pada tahun 1904, kemudian di tahun 1941 statusnya menjadi universitas khusus ilmu teknik yang berlokasi di Kuala Lumpur. Bidang teknik yang menjadi unggulan di kampus ini antara lain adalah teknik mesin, teknik sipil, teknik radio dan teknik elektro. UTM memimiliki lebih dari 35.000 pelajar, 15 persennya adalah pelajar internasional.

4. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

UKM adalah universitas yang memiliki dua belas fakultas dan satu sekolah bisnis. Fakultas yang ada antara lain adalah kedokteran gigi, ekonomi, pendidikan, kesehatan, agama Islam, farmasi, sains, humaniora dan teknologi.

UKM adalah universitas yang dikenal religius di Malaysia. Falsafah yang dianut oleh universitas ini adalah menggabungkan ilmu dan agama  dengan tujuan untuk membentuk pribadi mahasiswa yang tak hanya cerdas secara keilmuan tapi juga mumpuni dalam akhlak. Tak heran jurusan agama di kampus ini menjadi unggulan di Malaysia.

5. University of Malaya

Sejarah universitas ini berbeda dengan lainnya karena memiliki hubungan erat dengan berdirinya Kings Edward VII College of Medicine and Raffles College di Singapura. University of Malaya kemudian bertumbuh semakin besar dan di tahun 1959 dipecah menjadi dua bagian, satu di Malaysia dan satu di Singapura. Namun, di tahun 1962 universitas ini kembali bergabung menjadi satu di Malaysia dan resmi bernama University of Malaya. University of Malaya sering menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi lain di kawasan Asia, tak terkecuali Indonesia. Bidang pendidikan dan sosial humaniora adalah bidang yang sangat unggul di universitas ini.

 

Butuh pinjaman uang cepat untuk biaya kuliah? KLIK DI SINI!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.