Universitas Terbaik di Jepang

Berbicara tentang Jepang dan kualitas pendidikannya, jangan ditanya. Negeri Matahari Terbit ini termasuk dalam jajaran negara dengan kualitas pendidikan paling unggul sedunia. Tak heran, banyak pelajar Indonesia yang berbondong-bondong kuliah di Jepang baik dengan beasiswa maupun biaya mandiri. Pemerintah Jepang dan perusahaan swasta juga banyak menawarkan kesempatan beasiswa untuk melanjutkan studi ke negeri yang terkenal dengan bunga sakuranya ini.

Saat kamu sudah bulat tekad memutuskan ingin kuliah ke Jepang, yang harus kamu persiapkan dengan matang selain menentukan universitas di Jepang dan jurusannya adalah persiapan adaptasi. Ya, negara ini terkenal sangat disiplin dan menghargai waktu. Tak ada istilah bermalas-malasan atau berlambat-lambat bagi orang Jepang. Budaya tepat waktu dan disiplin mereka sangat tinggi sehingga mungkin membuat kamu yang terbiasa dengan ritme hidup lebih santai menjadi agak kaget di awal.

Adapatasi perlikau pun berlaku untuk universitas terbaik di Jepang seperti yang akan dijabarkan di artikel ini. Selain menerapkan seleksi tinggi bagi calon mahasiswanya, universitas terbaik di Jepang juga menuntut kamu untuk bisa berdisiplin dan kerja keras. Sangat menantang bukan?

Terkait jurusan favorit yang banyak ditawarkan universitas di Jepang, bidang Ilmu Teknik adalah yang paling populer. Hal ini jelas karena Jepang adalah negara maju yang industri dan penelitian di bidang teknik nya sangat mumpuni dan menguasai pasaran dunia. Hal inilah yang membuat banyak mahasiswa kepincut untuk mendalami studi teknik lebih dalam lagi di Jepang.

Jurusan di Universitas Jepang lain seperti kedokteran, kesehatan, sains, humaniora, sosial, seni dan desain juga menjanjikan. Nah, daripada kamu kebingungan menentukan universitas di Jepang dan jurusannya, ada baiknya kamu menyimak artikel di bawah tentang lima universitas terbaik di Jepang dan spesifikasi juruan yang unggul. Check them out!

1. University of Tokyo

Menuju ke ibukota Jepang, ada universitas tertua sekaligus terbaik, The University of Tokyo. Webometric menempatkan universitas ini di urutan ke-48 dunia dan ke-1 di Jepang. Di kawasan Asia, bahkan kampus ini menempati urutan pertama sebagai kampus terbaik. Kampus ini adalah milik kekaisaran Jepang dan saat ini bersifat milik pemerintah atau publik.

Ada sekitar 30.000 mahasiswa yang menuntut ilmu di kampus ini yang tersebar di 10 fakultas berbeda. Jurusannya sangat bergaam di bidang sains, matematika, farmasi, kedokteran, sastra, ekonomi, dan teknik. University of Tokyo sangat unik karena memiliki fakultas farmasi yang berdiri sendiri. Angin segar bagi kamu yang ingin mendalami studi farmasi dan obat-obatan.

2. University of Kyoto

Sekarang, menuju ke sister province kota Yogyakarta di Indonesia yaitu Kyoto. Seperti halnya Yogyakarta, Kyoto adalah kota pusat pendidikan dan budaya. Kyoto juga pernah menjadi ibukota Jepang pada masa dinasti Meiji dahulu. Berdiri pada tahun 1897, universitas ini menjadi yang tertua kedua di Jepang dan sifatnya adalah milik pemerintah Jepang.

Universitas Kyoto memiliki sekitar 20.000 mahasiswa dengan jurusan yang populer adalah di bidang kimia, biologi, fisika, dan matematika dengan segi keilmuan yang lebih spesifik. Oh ya, Ilmu Hukum di universitas ini juga sangat bagus karena merupakan tempat terbaik untuk belajar hukum di Jepang (menurut Japanese Bar Examination).

3. Osaka University

Sejarah universitas ini cukup menarik karena awalnya ia adalah sekolah tinggi humaniora dengan sistem pendidikan ala samurai. Didirikan pada tahun 1724 pada masa Edo, universitas ini berkembang lalu memadukan berbagai disiplin ilmu seperti sains, kedokteran, farmasi, seni dan lain sebagainya. Di masa kini, Osaka University sangat direkomendasikan bagi kamu yang mendalami bidang studi kedokteran. Ada lebih dari 25.000 mahasiswa yang berkuliah di universitas yang memiliki dua rumah sakit besar yang juga dibuka untuk publik.

Dari segi ranking, menurut Academic Ranking of World Universities, Osaka University ada di peringkat ke-96 dunia dan terbaik ke-4 di Jepang. Universitas ini sangat unggul di bidang immunology, sebuah studi tentang daya tahan tubuh yang masih jarang dipelajari di Indonesia.

4. Tohoku University

Di prefektur Miyagi, ada sebuah kota yang populer dengan legenda samurai bernama Sendai. Kota tua di Jepang ini sangat lekat dengan kebudayaan masa lalu Jepang. Di sinilah berdiri Tohoku University pada tahun 1736 di era Meiji. Salah satu universitas terbaik di Jepang ini memiliki sekitar 18.000 mahasiswa dengan spesifikasi ilmu meliputi bidang seni, sastra, kedokteran gigi, pendidikan, sains, dan teknik.

Tohoku unggul pada bidang ilmu yang masih sangat jarang terdengar di Indonesia padahal sangat dibutuhkan yaitu ilmu material. Ilmu yang mempelajari pembuatan benda sampai bangunan di universitas ini adalah salah satu yang terbaik di dunia menurut Thomson Reuters, lembaga pendidikan internasional yang populer. Bahkan, QS World University Rankings menempatkan universitas ini di peringkat nomor 70 dunia. Wow!

5. Nagoya University

Prefektur Aichi di Jepang juga memiliki sebuah universitas tua yang didirikan di akhir kekaisaran periode Meiji: Nagoya University. Di universitas yang unggul dalam bidang keilmuan vulkanologi atau gunung api dan irigasi bencana, Nagoya University adalah pilihan yang sangat tepat. Universitas ini memiliki laboratorium khusus yang lengkap untuk penelitian di bidang vulkanologi dan bencana. Cocok sekali dan sangat dibutuhkan di Indonesia bukan? Selain itu, 14.000 mahasiswa yang dimiliki universitas ini juga tersebar di jurusan lain seperti Ekonomi, Sastra, Hukum, Lingkungan, Informasi, Agrikultur dan Kedokteran.

Jadi, bagaimana? Setelah membaca lima universitas di Jepang dan jurusannya yang unggul itu, sudahkah kamu membulatkan pilihanmu untuk studi di salah satu universitas terbaik di Jepang?

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.