Universitas Terbaik di Inggris

Sebagai negara yang dikenal oleh hampir seluruh warga dunia karena bahasanya yang dijadikan sebagai bahasa internasional, Inggris memiliki semua kualitas terbaik di berbagai lini, tak terkecuali pendidikan. Sektor pendidikan di Inggris sangat maju dan berkualitas ditunjang dengan dukungan riset dan publikasi ilmiah yang sangat ditekankan. Selain itu, negara ini sangat membuka lebar kesempatan bagi pelajar internasional untuk menempuh studi di negeri Ratu Elizabeth ini banyaknya universitas di Inggris yang menyediakan beasiswa.

Kredibilitas pendidikan di Inggris pun tak perlu diragukan. Ilmuwan-ilmuwan besar dunia lahir dari berbagai universitas terbaik di Inggris. Nah, di ulasan kali ini, kamu akan dibawa untuk mengenal beberapa universitas terbaik di Inggris yang dilansir menurut QS World University Rankings.

1. University of Cambridge

Kampus bergengsi di Britania Raya dan dunia yang satu ini adalah pecahan dari University of Oxford. Konon, dulu di tahun 1209, beberapa sarjana yang sedang menuntut ilmu di Oxford melarikan diri karena bertengkar dengan penduduk sekitar. Mereka lari ke kota Cambridge, lalu di tahun yang sama mendirikan University of Cambridge.

Sampai saat ini, Cambridge dan Oxford saling susul menyusul dalam soal prestasi dan peringkat terbaik di dunia, bahkan masyarakat Inggris sampai menjulukinya dengan Oxbridge. Seleksi untuk bisa diterima di universitas ini sangat ketat. Tak heran, menurut QS World University Rangkings, universitas ini adalah yang terbaik di Inggris.

2. University of College London (UCL)

Selanjutnya, universitas terbaik di Inggris adalah UCL. UCL terletak di London dan merupakan universitas riset publik yang berdiri pada tahun 1826. Universitas ini sangat sekuler dan menerima mahasiswa secara bebas, tak peduli asal, gender, dan agamanya. Kampus ini terkenal dengan jurusan seni dan humaniora, lingkungan, teknik, hukum, dan fisika. Di peringkat dunia, UCL menempati urutan universitas terbaik ke-empat di dunia.

3. Imperial College London

Berdasarkan QS World University Rangkings, Imperial College London adalah yang terbaik nomor tiga di Inggris dan nomor lima di dunia. Universitas ini berfokus di kajian ilmu bidang teknik, kedokteran dan bisnis. Imperial College London bahkan bermitra dengan Nanyang Technological University dengan mengoperasikan Lee Kong Chian School of Medicine yang terletak di Singapura. Tertarik untuk menjadi dokter dengan berkuliah disini?

4. University of Oxford

Sebagai perguruan tinggi tertua di Britania Raya, kampus ini telah berdiri sejak abad ke-11. Tahun berdirinya tidak diketahui pasti. University of Oxford boleh dikata adalah universitas paling bergengsi di dunia, sejajar dengan Harvard University di Amerika Serikat. Universitas terbaik di Inggris ini dikenal royal sebagai universitas di Inggris yang menyediakan beasiswa bagi puluhan ribu mahasiswanya. Alumni Oxford adalah para tokoh terkemuka dunia yang tersebar di berbagai lini kehidupan. Kampus ini juga memiliki perpustakaan terbesar se-Inggris dengan 11 juta lebih koleksi buku di dalamnya.

5. University of Edinburgh

Terletak di kota cantik Edinburgh yang juga dikenal sebagai City of Art and Literature, universitas ini menduduki peringkat ke-17 dunia dalam soal universitas terbaik. Kampus yang terkenal dengan bangunan kastil antik khas Skotlandia ini berfokus pada 3 jurusan utama yang lalu dibagi menjadi program studi yang beragam: Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kedokteran Hewan, serta IPA dan Teknik.

6. King’s College London (KCL)

Hampir sama dengan UCL, KCL juga merupakan universitas riset publik yang merupakan salah satu terbaik di Inggris dan bahkan dunia. Didirikan pada tahun 1829 oleh Raja George IV dan Duke of Wellington, kampus inilah pusat terbesar bagi mahasiswa jurusan medis dan pengajaran serta penelitian tentang biomedis di Eropa.

Itulah enam universitas terbaik di Inggris yang bisa kamu jadikan referensi tujuan studimu nanti. Selamat menyulam mimpi untuk berkuliah di Inggris!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.