Universitas Terbaik di Belgia

Jika memilih negara tujuan studi, bagi kebanyakan mahasiswa Indonesia, Belgia mungkin kurang familiar dibandingkan dengan Inggris, Belanda atau Jerman yang merupakan negara tetangganya. Padahal, Belgia juga memiliki kualitas pendidikan yang unggul dan masuk dalam peringkat universitas yang diakui baik di Eropa.

Ibukota Belgia, Brussels, yang letaknya tepat di tengah negara Eropa merupakan sentra penting bagi organisasi dunia termasuk Uni Eropa, NATO, dan Komisi Eropa. Nah, jika kamu tertarik mempelajari ilmu tentang development studies atau ilmu sosial lainnya, Belgia adalah pilihan yang tepat.

  • KU Leuven

Belgia memiliki banyak universitas yang terkenal seperti University of Liege dan KU Leuven. Universitas yang paling banyak diminati mahasiswa internasional adalah KU Leuven. Apa pasal? Universitas ini adalah salah satu yang tertua di Belgia dan sangat mumpuni dalam pengalamannya mencetak banyak lulusan berkualitas dan memiliki karir cemerlang di tingkat dunia. Ranking universitas KU Leuven juga sangat baik. Ia menempati posisi ke-12 dari seluruh universitas di daratan Eropa. Wow! Tentu kamu bisa membayangkan bila ada di posisi atas tersebut, bagaimana kualitas pendidikan dan keunggulan kampus ini. Tak heran, mahasiswa asing lantas berbondong-bondong berkuliah di sini.

  • Biaya hidup mahasiswa Belgia

Nah, bila kamu tertarik untuk melanjutkan studimu di Belgia, hal yang harus kamu tahu adalah biaya kuliah di Belgia dan biaya hidupnya relatif lebih rendah dibanding negara Eropa lain. Sebagai gambaran, jika kamu tinggal di Belgia sebagai mahasiswa, kamu akan mendapat sekitar € 750 per bulan sebagai biaya hidup.

Menariknya lagi, Belgi memperbolehkan mahasiswa untuk bekerja demi mencari biaya tambahan dengan maksimal jam kerja sebanyak 20 jam per minggu dan upah rata-rata sebesar € 8,5-95 per jam. Belum lagi, di musim panas saat kuliah libur, kamu bisa bekerja penuh dan mendapatkan gaji yang setara bila kamu bekerja part time selama satu semester kuliah.

Dengan fakta ini, kamu tak khawatir karena biaya kuliah di Belgia memang terhitung murah dibandingkan negara lain di Eropa. Biaya perkuliahannya berkisar antara 1500 Euro per tahun dan itu berlaku di semua program studi. Baik mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional mendapat tuition fee yang sama.

Namun, bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan di Belgia seperti di KU Leuven misalnya, kamu harus pastikan bahwa program studi yang akan kamu ikuti menggunakan bahasa pengantar internasional yaitu Inggris atau tidak. Belgia sendiri terbagi menjadi dua bahasa yaitu Prancis dan Belanda. Biasanya, tidak semua program studi di universitas di Belgia menawarkan bahasa pengantar Inggris. Maka, kamu harus jeli dan bila ternyata kamu harus mengikuti perkuliahan dalam bahasa Belanda atau Prancis, maka kamu harus mengikuti kelas persiapan bahasa terlebih dahulu.

  • Pemandangan Belgia

Jika kamu sudah mantap untuk berkuliah di Belgia, jangan lupa untuk menikmati indahnya negara ini dan berkeliling ke penjuru kota nya, terutama Brussel yang terkenal dengan lanskap patung Mannekin Pis yang dituju banyak turis dari penjuru dunia.

Selain itu, kamu juga harus mengunjungi Antwerp yang terkenal dengan karya seni dan museum dari pelukis terkenal Peter Paul Rubens. Antwerp adalah kota yang penduduknya sangat ramah dan memiliki banyak daya tarik diantaranya adalah kebun binatang tertua di Eropa dan sebuah katedral bernama Cathedral of Our Lady yang merupakan katedral terbesar di Eropa.

Bagaimana, sudah terbayang universitas mana di Belgia yang bisa jadi opsi untuk studi di luar negerimu? Baik University of Liege atau KU Leuven tak masalah asalkan program studi sasarnmu ada di sana.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.