Universitas Terbaik di Amerika

Dalam hal pendidikan, Amerika termasuk yang terbaik di dunia. Negara adikuasa ini memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni ditunjang dengan fasilitas dan dukungan pemerintah yang sangat besar. Banyak tokoh-tokoh besar dunia pernah menghabiskan waktunya untuk berkuliah di negeri Paman Sam ini.

Berkat kualitas pendidikan yang baik, Amerika menjadi negara modern yang menjadi tujuan banyak orang di penjuru dunia untuk mengadu nasib. Nah, berikut adalah lima universitas terbaik di Amerika yang bisa kamu jadikan referensi sebagai calon kampusmu nanti.

1. Harvard University

Inilah universitas yang menjadi idaman mahasiswa di penjuru dunia, tak terkecuali mahasiswa dari Indonesia. Harvard University selain menduduki peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di dunia, juga dikenal selalu melahirkan lulusan yang memiliki jiwa leadership handal dan berkualitas.

Universitas tertua di Amerika ini terletak di Massachusetts dan didirikan pada tahun 1636 oleh John Harvard. Universitas di Amerika yang banyak orang Indonesia nya ini memiliki 1664 jurusan untuk S1, 400 untuk S2, dan 512 untuk program doktoral. Belum lagi 4.460 program untuk spesialis dan profesional. Delapan presiden Amerika Serikat, termasuk Barrack Obama, adalah alumni universitas ini.

2. Massachusetts Institute of Technology

Bertetangga dengan Harvard di kota dan negara bagian yang sama, berdiri Massachusetts Institute of Technology atau yang kerap disingkat MIT. MIT termasuk universitas terbaik di Amerika, peringkatnya kerap susul menyusul dengan Harvard. MIT dikenal reputasinya untuk jurusan di bidang teknik, komputer, dan sains.

Alumni MIT banyak menggondol gelar nobel di berbagai bidang. Tokoh dunia yang merupakan alumni MIT adalah Buzz Aldrin (astronot Amerika yang pergi ke bulan), Kofi Annan (Sekjen PBB asal Ghana), dan McDonell Douglas (pendiri perusahaan komputer raksasa, Intel Corp.)

3. Stanford University

Universitas terbaik di Amerika selanjutnya adalah Stanford University. Universitas ini terletak di California, kota yang disebut sebagai kota pendidikan dan kebudayaan. Jika di Indonesia, California ini seperti Yogyakarta. Tak heran, Yogyakarta dan California memiliki kerja sama sebagai sister city. Maka, Stanford termasuk universitas di Amerika yang banyak orang Indonesia nya.

Stanford memiliki 15.000 lebih mahasiswa yang berkuliah, tersebar di lebih dari 70 jurusan mulai dari D3, S1, S2, sampai S3. Markas besar raksasa internet dunia, Facebook dan Google berkantor di kota ini, tepatnya di Silicon Valley.

4. University of California, Berkeley

Perguruan tinggi ini adalah salah satu yang paling terkenal di Amerika. Didirikan pada tahun 1868, universitas ini menitikberatkan pada jurusan agrikultural, seni, dan pertambangan. Bahkan, di masa Perang Dunia II, di kampus inilah diadakan penelitian tentang pembuatan bom atom.

Di universitas ini, terdapat sekitar 38.000 mahasiswa lokal dan internasional yang berkuliah. Sedikitnya 73 gelar nobel sudah disabet oleh alumni universitas ini. Steve Wozniak (co-founder Apple Inc) dan Zulfikar Ali Butho (presiden ke-9 Pakistan) adalah tokoh dunia yang merupakan lulusan dari kampus ini.

5. University of Michigan

Universitas ini terletak di Ann Arbor, Michigan dan merupakan salah satu kampus tertua di Amerika Serikat. Jurusannya ada lebih dari 200 untuk S1, 90 jurusan untuk S2 dan 100 jurusan untuk S3. University of Michigan merupakan kampus yang tepat jika kamu ingin belajar jurusan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Sains. Banyak senator dan politisi terkenal di AS yang merupakan alumni kampus ini. Larry Page, salah satu pendiri raksasa internet Google juga adalah alumninya.

Nah, setelah mengetahui daftar lima universitas terbaik di Amerika, kamu sekarang sudah lebih tahu tentang seluk beluk kampus yang kelak bakal kamu incar. Tunggu apalagi? Segera jemput mimpimu untuk berkuliah di Amerika!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.