Universitas Swasta Indonesia juga Tak Kalah Oke Lho!

Sudah sejak lama kebanyakan lulusan SMA itu mengidam-idamkan universitas negeri atau PTN. Alhasil, kuota yang ada tidak sebanding dengan jumlah peminatnya. Padahal universitas swasta Indonesia kini banyak yang setara dengan PTN. Memangnya apa sih kelebihan universitas swasta? Untuk tahu lebih lanjut tentang PTS, silakan simak hal-hal berikut.

Kembangkan Mindset untuk Kuliah Saja

Gagal SMPTN memang bisa menyisakan luka di hati. Tapi itu bukan akhir segalanya. Bukankah kamu masih memiliki cita-cita yang ingin digapai dalam waktu yang relatif dekat? Kesempatan untuk lolos jalur SMPTN atau tanpa tes ke PTN memang hanya sekali seumur hidup. Tapi kan masih ada SBMPTN. Kalau SBMPTN gagal juga?

Silakan merapat dulu. Dalam dunia pendidikan itu tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan seseorang. Mahasiswa yang kuliah di PTN bisa lebih buruk ketimbang yang kuliah di PTS. Perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya adalah mau belajar atau tidak. Sebaiknya kamu alihkan saja pikiran ke hal-hal yang konstruktif seperti ini.

Kelebihan Universitas Swasta

Untuk masuk ke universitas swasta Indonesia tentu harus tahu kelebihan universitas swasta. Biar kamu lebih yakin. Dari segi track record, masing-masing PTS memiliki kelebihan masing-masing. Entah dari segi sistem, akreditasi, fasilitas, biaya, dan sebagainya. Namun berbeda halnya ketika kamu menilai kelebihan setelah membandingkan dengan PTN.

Salah satu kelebihan PTS itu bisa ditempuh lewat jalur yang cukup mudah. Fasilitas yang disediakan juga cukup baik, asalkan kiprahnya sudah lama. PTS juga banyak beasiswanya kok. Begitu pula dengan dosen berpengalaman yang mengajari mahasiswanya kelak. Ketika kamu tekun belajar, kesuksesan sudah pasti ada di tanganmu.

Persiapan untuk Kuliah di Universitas Swasta

Walaupun PTS, harap untuk tidak menganggap remeh. Bahkan ada lho PTS yang tidak mau berubah status jadi PTN. Salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Pihak UII memang ingin mandiri dengan perjuangan dari dosen maupun mahasiswanya tanpa campur tangan pemerintah. Jadi sebelum tes, pastikan dulu kamu sudah kuasai materi, tes khusus, dan lain-lain.

Di sekeliling kita banyak sekali mitos-mitos tentang universitas swasta. Misalnya universitas swasta itu isinya buangan calon mahasiswa PTN yang gagal. Tidak begitu. Bahkan banyak kok yang langsung ke PTS tanpa tengok-tengok PTN lagi. Dengan kata lain, mereka memang sudah menyiapkan diri sejak lama untuk jadi mahasiswa universitas swasta.

Dari segi gengsi sosial maupun pengakuan pemerintah, universitas swasta Indonesia masih berjuang. Semakin tahun, beruntungnya, banyak kelebihan universitas swasta yang bermunculan. Misalnya menang lomba, perluasan gedung, peningkatan beasiswa untuk pemicu semangat belajar mahasiswa, dan lain-lain. Ke depannya PTS bisa saja lebih diunggulkan dari PTN.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.