Tips Menulis Application Letter untuk Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah beasiswa pemerintah UK untuk para mahasiswa yang berasal dari negara berkembang seperti Indonesia. Beasiswa ini ditujukan untuk yang hendak mengambil program studi S2 saja. Nah, bagi kamu yang berminat mendapatkan beasiswa ke Inggris untuk S2 ini, berikut tips menulis application letter yang harus ditujukan untuk mengajukan beasiswa.

Ketahui Visi dan Misi Program Beasiswanya

Sebelum kamu menulis application letter untuk program beasiswa ini, ada baiknya kamu mengetahui dulu visi dan misi program beasiswa Chevening ini. Sebabnya, pemberian beasiswa ini bisa dibilang sebagai investasi pihak pemberi beasiswa. Bila kamu mengetahui visi dan misi dari program beasiswa tersebut, paling tidak kamu bisa membuat profil yang diutamakan.

Misalnya yang mereka cari adalah future leader, maka kamu harus menonjolkan sisi leader yang kamu miliki baik dari kampus maupun dalam pekerjaan ketika menulis application letter tersebut.

Tunjukkan Konsistensi

Selanjutnya adalah tunjukkan konsistensi kamu. Maksudnya menunjukkan konsistensi di sini adalah bukannya kamu harus mengambil program studi S2 yang sama dengan program studi pada S1, atau konsisten dengan bidang pekerjaan kamu sekarang. Maksudnya adalah tunjukkan seperti apa pengalaman kamu dalam konsistensi dengan studi yang diambil.

Berikan pula gambaran tentang bagaimana bisa program studi yang kamu ambil bisa berpengaruh dengan masa depan kamu. Misal kamu awalnya adalah sarjana S1 Lingkungan Hidup, namun mau mengambil studi Hubungan Internasional. Tak masalah, yang harus kamu lakukan adalah menunjukkan apa yang kamu miliki.

Revisi Esai

Langkah selanjutnya agar application letter kamu diterima adalah dengan merevisi esai yang harus kamu serahkan. Menulis esai memerlukan waktu yang lama meskipun jumlah katanya sebenarnya hanya 1000 saja. Tapi kamu harus mengerjakannya dengan serius mulai dari proses draft sampai selesai.

Bacalah berkali-kali dan lakukan revisi bila perlu. Jangan pula menunda-nunda waktu. Kamu harus bisa memastikan waktu yang kamu butuhkan untuk menulis esai dan merevisinya tidak mepet dengan tenggat waktu. Mintalah bantuan orang terdekat seperti teman atau keluarga untuk membaca esai kamu sebelum menyerahkannya.

Topik terkait: Ini Cara Lolos Beasiswa Chevening 2018

Nah, beberapa tips ini mudah-mudahan bisa kamu terapkan untuk menulis application letter guna mengejar mimpi kamu mendapatkan beasiswa ke Inggris untuk S2. Kuliah dengan beasiswa Chevening pastinya mimpi setiap orang karena ini adalah universitas yang prestisius. Sayangnya, kamu harus menunggu tahun depan, ya! Kesempatan tahun ini sudah ditutup.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.