Tips Menghadapi Tes Wawancara LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), siapa yang tidak mengenal beasiswa paling populer di Indonesia ini? Beasiswa ini telah menyedot atensi dan minat jutaan calon mahasiswa pascasarjana maupun doktoral yang hendak melanjutkan studinya baik ke universitas dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Keuangan ini memang sangat didambakan banyak pelajar karena sifat pendanaan penuh dan program-program pembinaan serta jaringan alumninya yang kuat. Nah, jika kamu adalah salah satu dari jutaan pejuang beasiswa LPDP, kamu perlu tahu bagaimana tips agar mampu melewati proses paling menentukan seleksi LPDP yaitu interview atau wawancara. Apa saja sih tips agar lancar menghadapi pertanyaan wawancara LPDP? Simak di bawah ini ya!

1. Pelajari Essay-essay dan CV Sebaik Mungkin

Loh, mau menjawab pertanyaan wawancara LPDP kok malah mempelajari esai dan CV? Jangan salah, memang perkara seputar esai-esai yang terdiri dari Kontribusi untuk Indonesia, Sukses Terbesar dalam Hidupku, dan Rencana Studi mu lah yang paling akan dikulik oleh interviewer di wawancara LPDP nanti. Makanya, kamu harus paham benar esensi dari tulisan tersebut. Tenang, bila kamu benar-benar membuatnya sendiri dan secara jujur memang berisi semua tentang kamu, tak akan kesulitan saat menjalani sesi wawancara ini. CV juga penting untuk dipelajari karena pewawancara tentu saja ingin mencocokkan apakah benar apa yang kamu tulis di CV itu.

2. Membuat Daftar Prediksi Pertanyaan Wawancara LPDP

Beasiswa LPDP yang telah berjalan bertahun-tahun membuatnya telah banyak menelurkan awardee yang dengan senang hati berbagi pengalaman mereka saat melalui seleksi beasiswa ini, baik melalui tulisan di blog ataupun penuturan langsung. Nah, cari tahulah dari cerita para awardee ini, pertanyaan macam apa saja yang pernah ditanyakan pada mereka. Tak akan jauh beda kok dengan apa yang akan kamu hadapi nanti. Klik saja kata kunci “prediksi wawancara LPDP” dan Google akan menyajikan ribuan pilihan yang bisa kamu pelajari.

3. Simulasi/Sparing Partner

Setelah amunisi penguasaan esai dan CV serta daftar prediksi pertanyaan wawancara LPDP telah kamu siapkan, saatnya kamu melakukan simulasi wawancara. Simulasi ini sangat penting khususnya bagi kamu yang akan melanjutkan studi master dan doktoral ke luar negeri karena sesi wawancara nantinya akan menggunakan Bahasa Inggris. Kamu perlu latihan agar nantinya jawabanmu luwes, tidak kaku, dan tetap natural se-menjebak apapun pertanyaan yang dilontarkan interviewer nanti.

4. Pelajari Sikap dan Bahasa Tubuh yang Baik

Meski terkesan sepele, bahasa tubuh dan tingkah lakumu saat wawancara nanti akan sangat berpengaruh loh pada kelulusanmu. Apalagi, pewawancara nantinya terdiri dari 2 orang ahli dan 1 orang psikolog. Sang psikolog bertugas untuk mengevaluasi karaktermu berdasarkan bahasa tubuh yang kamu tunjukkan saat wawancara. Secemerlang apapun jawabanmu, bila kamu gagal bersikap baik dan sopan serta menunjukkan karakter yang jauh dari integritas, maka kamu tidak akan bisa lolos karena LPDP tidak hanya mencari orang pintar tapi juga orang yang punya karakter baik dan integritas tinggi. Banyak video-vidoe di Youtube yang bisa kamu tonton untuk melatih bahasa tubuh yang baik. Meski, tentu saja semua kembali pada karakter asli kepribadianmu.

5. Rileks, Berdoa, dan Yakinlah Tuhan Pengatur yang Terbaik

Semua ikhtiar dan daya upaya telah kamu kerahkan, sekarang saatnya kamu melengkapi semua proses ikhtiarmu itu dengan doa dan keyakinan penuh bahwa Tuhan lah yang akan membantu dan melancarkan jalanmu. Selalu sertakan doa dan bawa nama Tuhan dalam setiap upayamu. Tak perlu memasang ekspektasi berlebihan, cukup lakukan sebaik yang kamu bisa pada sesi wawancara ini dan untuk sisanya biarkan tangan Tuhan yang bekerja.

Itulah tips-tips yang sekiranya kamu butuhkan sebagai persiapan kamu menghadapi seleksi interview LPDP. Beasiswa LPDP memang akan membuatmu selangkah lebih dekat kepada impianmu, namun perjuanganmu yang sebenarnya baru akan dimulai. Selamat berproses dan semoga takdir terbaik selalu menyertaimu ya!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.