Tips Lolos SNMPTN untuk Kamu yang Serius Ingin Lulus

Mau lolos ujian SNMPTN? Jika iya, kamu bisa menerapkan tips lolos SNMPTN di bawah ini. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar bisa lolos ujian SNMPTN. Misalnya saja memilih jurusan SNMPTN yang kurang diminati ketimbang yang banyak peminatnya. Lalu, apa saja tips untuk lolos SNMPTN agar kamu bisa kuliah di tahun ini?

1. Memilih Jurusan yang Kurang Diminati

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, salah satu cara agar kamu bisa lolos ujian SNMPTN adalah memilih jurusan yang kurang diminati. Biasanya, ujian SNMPTN ini disalurkan melalui sekolah-sekolah. Kamu bisa melihat data dari sekolah jurusan apa saja yang program studinya kurang diminati atau tidak diambil oleh temanmu yang lain.

Persentase kelulusan dengan memilih jurusan yang kurang diminati jauh lebih besar. Apalagi bila sekolahmu sebelumnya sudah berakreditasi A. 75% dari jumlah siswa yang ikut SNMPTN dari sekolah akreditasi A ini akan diterima dan itu dipilih berdasarkan kuota setiap jurusan. Jadi, pastikan jurusanmu adalah jurusan yang sepi peminatnya.

2. Pilih Perguruan Tinggi yang Tak Diminati

Cara lain yang bisa kamu ambil agar bisa lolos SNMPTN adalah memilih perguruan tinggi yang kurang dinikmati. Kamu bisa mengakses pemberitaan terkait data pendaftaran SNMPTN di situs yang tepat untuk melihat perguruan tinggi mana saja yang paling diminati. Dari sinilah kamu bisa memilih universitas yang tak diminati sehingga lebih mudah lolos.

3. Memilih Jurusan dengan Passing Grade Rendah

Cara lain yang bisa kamu ambil agar lolos SNMPTN adalah memilih jurusan dengan passing grade yang rendah. Passing grade adalah rata-rata standar dari setiap jurusan yang penentuannya berdasarkan kampus yang dipilih. Misalnya saja jurusan kedokteran di UGM passing grade-nya lebih tinggi ketimbang kedokteran di UNSRI.

4. Mendaftar di Akhir Sebelum Penutupan

Kenapa cara ini bisa membuatmu mudah lulus SNMPTN? Yah, jelas karena dengan mendaftar di akhir sebelum penutupan, kamu bisa melihat jurusan mana yang sepi peminat di suatu universitas. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya. Namun harus hati-hati. Seringkali terjadi gangguan server pada saat ini sehingga menyulitkan pendaftaran.

SNMPTN hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. Untuk itu, kamu benar-benar harus memanfaatkannya agar  bisa kuliah di universitas negeri terbaik dengan biaya miring. Salah satu tips lolos SNMPTN yang bisa kamu terapkan adalah jurusan SNMPTN yang kurang diminati. Jadi, selamat mencoba! Semoga lolos!

(foto: asiarisingtv.com)

 

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.