Tips Kuliah di Kanada untuk Kamu yang Berminat

Tidak sedikit orang yang mengenal Kanada sebagai negara besar dengan perguruan tingginya yang berkualitas. Pendidikan sebagai salah satu prioritasnya menjadikan negara ini punya banyak program dan kesempatan kerja dengan gaji menjanjikan. Tips kuliah di Kanada bisa menjadi modal berharga untuk lanjut studi di negara tetangga Amerika Serikat ini.

1.  Mengetahui dan Menentukan Perguruan Tinggi yang Sesuai

Keputusan untuk melanjutkan studi ke luar negeri merupakan hal yang baik dan perlu didukung demi melebarkan sayap karir di dunia internasional. Jika kamu berminat menempuh pendidikan tingkat perguruan tinggi di Kanada, maka langkah awal yang harus dipersiapkan adalah mengetahui dan menentukan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan passion.

Tentukanlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan dan program pendidikan yang kamu inginkan dan kamu kuasai. Kamu bisa pilih kuliah di universitas atau akademi. Kamu bisa melihat daftar perguruan tinggi di Kanada berikut dengan daftar jurusan, akreditasi, dan sistem perkuliahannya melalui situs resminya. Hal ini akan membantu menentukan pilihan.

2.     Mengetahui Sistem Perkuliahan di Kanada

Tips kuliah di Kanada selanjutnya adalah mengetahui sistem perkuliahan di negara tersebut, khususnya di perguruan tinggi yang kamu tuju. Sistem perkuliahan ini termasuk jam pembelajaran, program pendidikan, serta keunggulan yang didapat ketika melanjutkan studi di Kanada.

3.     Mempersiapkan Biaya Kuliah di Kanada

Melanjutkan pendidikan tentunya tidak lepas dari biaya. Hal ini sangat penting untuk diketahui secara pasti dan dipersiapkan dari sekarang agar cita-citamu tercapai. Persiapan biaya kuliah di Kanada ini meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya akomodasi, dan lain-lain.

Kondisi perekonomian di setiap wilayah di Kanada juga bisa dipahami demi mengetahui tingkat harga sewa tempat tinggal dan juga harga berbagai kebutuhan. Secara garis besar, biaya hidup per bulan di Kanada adalah sekitar CAD$1.300-3.000 yang meliputi biaya makan, transportasi, akomodasi, telekomunikasi, dan keperluan sehari-hari lainnya.

4.     Mengetahui dan Mempersiapkan Beasiswa yang Sesuai

Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentunya membutuhkan dana lebih besar. Biaya hidup di Kanada yang tergolong tinggi dapat dibantu dengan perolehan dana beasiswa. Kamu bisa mengikuti beasiswa eksternal atau internal kampus.

Beasiswa eksternal dapat didaftar sebelum masuk perkuliahan, seperti beasiswa LPDP, sedangkan beasiswa internal bisa didaftar ketika kamu sudah menjalani masa perkuliahan di sana. Kamu bisa mengetahui melalui situs resmi perguruan tinggi tujuan ataupun lewat situs Kemenristekdikti RI. Tentukan beasiswa yang sesuai dan persiapkan semua persyaratannya.

5.     Mengetahui Latar Belakang Budaya Kanada

Latar belakang kehidupan di Kanada juga penting untuk diketahui sebagai persiapan ketika kamu harus menghadapi kehidupan baru di sana. Kelancaran dalam beradaptasi akan lebih optimal ketika sudah mendapatkan gambaran. Kanada mempunyai 2 bahasa, yaitu bahasa Perancis dan Inggris yang memudahkan kita berkomunikasi dengan penduduk lokal.

6.     Mengetahui Sistem Perizinan Kerja

Biaya hidup yang lebih besar di Kanada juga bisa diatasi dengan kuliah sambil bekerja. Kamu bisa memastikan sistem perizinan kerja yang berlaku di universitas tujuan. Di Kanada, sistem kerja paruh waktu bagi mahasiswa berlaku selama 20 jam setiap minggu dan meningkat jadi 40 jam per minggu.

Perizinan kerja setelah lulus juga lebih baik diketahui terlebih dahulu. Bahkan, perolehan permanent residence di Kanada lebih mudah dibandingkan dengan negara lain. Hal ini merupakan kesempatan bagi kamu yang ingin bekerja di sana setelah lulus, baik tetap, maupun hanya mencari pengalaman kerja.

Demikianlah berbagai tips kuliah di Kanada yang bisa menjadi modal bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke negara maju ini. Sistem pendidikan tingkat perguruan tingginya yang sudah berkualitas bisa menjamin karir jika kamu berusaha dengan sungguh-sungguh. Semua hal terkait perguruan tinggi, biaya kuliah, beasiswa, dan sebagainya harus dipersiapkan.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.