Setelah Pengumuman SNMPTN, Lalu Apa yang Harus Dilakukan?

Pengumuman SNMPTN sudah berlangsung beberapa waktu yang lalu. Apakah kamu sudah lolos uji SNMPTN tersebut dan mendapat PTN yang kamu tuju? Jangan tenang dulu. Setelah pengumuman SNMPTN ini, masih ada tahapan yang harus dilakukan. Misalnya saja registrasi ulang SNMPTN 2018. Lalu, apalagi tahapan yang harus kamu lalui?

Ada Tiga Tahapan

Bagi peserta yang dinyatakan lulus uji SNMPTN tahun 2018 ini, pasti sangat senang dan bergembira, kan? Ingat, kamu tak boleh senang dulu. Masih ada tiga tahapan yang harus kamu lalui sebelum akhirnya bisa mengenakan almameter PTN yang kamu incar. Tahap pertama yang harus kamu lalui tersebut adalah verifikasi data akademik.

Dalam verifikasi data ini, kamu diwajibkan untuk memberikan rapor dan portopolio yang asli serta menunjukkan ijazah atau surat keterangan tanda lulus yang asli ke perguruan tinggi yang kamu tuju. Ini wajib kamu lakukan bila ingin sekolah di sana, ya! Setelah itu, kamu harus melalui tahap kedua yakni registrasi atau pendaftaran ulang.

Tahun ini, registrasi atau pendaftaran ulang ini jatuh pada tanggal 8 Mei 2018. Untuk melakukannya, kamu bisa langsung di website PTN yang dituju. Terakhir, bagi kamu yang merupakan peserta Bidikmisi, kamu juga harus melakukan verifikasi terhadap data akademik dan veriifikasi data ekonomi dengan dokumen ataupun kunjungan ke tempat tinggal kamu.

Bagaimana dengan yang Tak Lulus?

Nah, bagi kamu yang tak lulus ujian SNMPTN tahun ini, jangan bersedih. Masih ada banyak jalur yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa sekolah di perguruan tinggi pilihanmu. Salah satunya adalah dengan jalur SBMPTN. Jalur ini sebenarnya sudah tutup pendaftaran beberapa waktu lalu. Tapi kamu sudah mendaftar untuk tes ini, kan?

Bila kamu melewatkannya, tenang! Masih ada jalur yang bisa kamu lalui. Salah satunya adalah jalur Program Seleksi Siswa Berprestasi atau PSSB dan jalur prestasi serta jalur mandiri PTN dan PTS. Jadi, kamu tak perlu terpaku pada satu jalur saja. Ada banyak jalur penerimaan mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah di PTN favoritmu.

Nah, bagaimana? Kamu yang lulus ujian SNMPTN sudah siap melakukan registrasi ulang SNMPTN 2018? Siapkanlah semua data yang diminta. Ingat, kamu tak bisa santai setelah pengumuman SNMPTN ini. Masih ada hal yang harus kamu lakukan. Bagi yang tak lulus jangan sedih. Masih ada banyak jalur yang bisa kamu manfaatkan juga.

 

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.