Serba-serbi Pendaftaran Kuliah di Belanda Serta Syaratnya

Belanda, adalah salah satu negara dengan banyak universitas terbaik di dalamnya. Jika kamu tertarik untuk kuliah di sini, sebelumnya pastikan kamu tahu prosedur pendaftaran kuliah di Belanda serta syarat kuliah di Belanda juga. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Lalu seperti apa prosedurn daftar dan apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Prosedur Mendaftar Kuliah di Belanda

Setiap tahunnya, ada banyak mahasiswa dari luar negeri yang mendaftar kuliah di Belanda. Bagi kamu yang memilih jurusan populer seperti kedokteran, psikologi dan fisioterapi, kamu harus ikut sistem Numerus Fixus atau metode penarikan undian. Kamu hanya perlu mendaftar ke universitas tersebut secara daring dan mengikuti undian tersebut.

Ini dilakukan karena kuota yang tak mencukupi. Jika kamu adalah mahasiswa yang potensial, kemungkinan diterima akan lebih besar. Ada dua program yang bisa kamu pilih, pertama sarjana dan lainnya master. Pendaftarannya biasanya dibuka pada Maret hingga Mei pada kuartal pertama sedang kuartal kedua pada bulan November hingga Desember.

Bagi yang lulus tahap pertama, wajib melakukan pendaftaran melalui sistem pendaftaran Studielink. Kamu harus melakukan registrasi dan membuat profil di sana serta menemukan serba-serbi pendaftaran yang lain. Ini adalah sebuah platform yang menghubungan institusi dengan mahasiswa dan kamu bisa mengecek apa saja termasuk status pendaftaranmu di sini.

Apa Saja Syarat yang Harus Dipenuhi?

Untuk program sarjana, kamu harus memiliki transkip nilai sekolah menengah atas atau diploma sedangkan untuk program pasca sarjana, harus memiliki transkip nilai dan sertifikat sarjana. Tentu saja, semua harus yang memenuhi kualifikasi dan diakui institusi Belanda. Kalau tidak, kamu diharuskan mengikuti program persiapan terlebih dulu.

Selain itu, kamu juga harus mampu berbahasa Inggris dengan baik dan memiliki nilai TOEFL minimal 550. Untuk nilai IELTS, kamu harus memiliki nilai minimal 6. Selain itu, sertakan pula surat rekomendasi dari dosen atau guru pendidikan kamu sebelumnya. Lengkapi juga dengan esai personal statement sebagai syarat wajib yang harus kamu penuhi agar diterima.

Itulah prosedur pendaftaran kuliah di Belanda serta syarat kuliah di Belanda yang harus kamu ketahui. Ingat, kuliah di Belanda atau luar negeri memiliki biaya yang tak sedikit. Jadi, kamu harus sungguh-sungguh. Jika kamu lulus, jangan biarkan kesempatan tersebut terbuang percuma. Belajar dengan sungguh dan manfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.