Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah untuk Kamu yang Ingin Jadi Abdi Negara

Kamu berniat menjadi abdi negara setelah lulus sekolah? Jika iya, mungkin kamu bisa pilih untuk masuk sekolah ikatan dinas pemerintah. Di sekolah ini, kamu akan diajarkan menjadi abdi negara yang baik. Salah satu pilihannya adalah IPDN. Syarat masuk IPDN 2018 sama saja dengan sebelumnya. Lalu, apa sekolah lainnya dan bagaimana prosesnya?

Ragam Sekolah Ikatan Kedinasan Pemerintah

Di Indonesia, ada banyak sekali sekolah kedinasan dengan ikatan pemerintah yang bisa kamu masuki. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, salah satunya adalah IPDN. Selain itu, masih ada Sekolah Tinggi Inteljen Negara atau STIN yang ada di bawah naungan Badan Inteljen Negara atau BIN. Lalu, ada juga Sekolah Tinggi Sandi Negara atau STSN.

Lalu, ada juga Sekolah Tinggi Transportasi Darat yang ada di Jl, Raya Setu Km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi Jawa Barat. Masih ada Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta. Sekolah ini ada di bawah naungan Badan Pertanahan Negara atau BPN. Selain sekolah-sekolah tinggi kedinasan tersebut, masih banyak lagi sekolah dinas yang bisa dimasuki.

Bagaimana Proses Masuk di Sekolah Ikatan Dinas?

Namanya sekolah tinggi ikatan dinas dari pemerintah, pastinya seleksi yang harus kamu lalui sangat ketat. Semau siswa dari seluruh wilayah Indonesia pasti ada yang tertarik untuk mendaftar di sini setiap tahunnya. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa melewati berbagai tahap seleksi yang dilakukan.

Tahap seleksi pertama yang akan dikenakan adalah tes administrasi. Ini meliputi syarat-syarat umum yang harus kamu miliki seperti memiliki nilai rata-rata lebih dari 7,0 di setiap semester. Lalu, kamu juga akan diseleksi menurut kesehatan. Nantinya, di tahap ini kamu akan melakukan pemeriksaaan menyeluruh mulai dari mata, gigi, mulut dan organ dalam.

Tahap seleksi lainnya adalah tes olahraga. Kamu juga akan melewati tes wawancara untuk meliaht seperti apa sifat dan sikap kamu. Tentu saja, tes akademis tidak akan dilewatkan. Di sini kamu akan mengalami penyaringan seperti pada ujian masuk sekolah pada umumnya.

Nah, setelah mengetahui seperti apa syarat untuk masuk sekolah ikatan dinas pemerintah seperti syarat masuk IPDN 2018 dan sekolah lainnya, masih tertarik untuk sekolah di sekolah ikatan dinas ini? Jika iya, kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh dan pastikan kamu memenuhi semua persyaratannya. Dengan begitu, peluang kamu pasti akan terbuka.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.