Masuk Universitas Negeri Tanpa Tes? Bisa Dong!

Mau masuk universitas negeri tanpa tes dan syarat yang ribet? Bisa! Kamu bisa memanfaatkan berbagai jalur yang disediakan. Biasanya, para calon mahasiswa akan memilih pendaftaran universitas jalur prestasi bila ingin masuk universitas negeri tanpa harus ikut tes ini. Tapi, masih ada jalur lain yang bisa kamu ambil, kok! Apa saja?

1. Jalur Prestasi

Ini adalah salah satu jalur yang paling paling banyak peminatnya bagi mereka yang tak ingin mengikuti tes saat masuk universitas negeri. Jalur ini cocok untuk kamu yang memiliki segudang prestasi di bidang akademik ataupun olahraga selama sekolah. Biasanya, jalur ini khusus untuk mereka yang berhasil menang di kejuaraan tingkat tinggi seperti Olimpiade

2. PMDK-SSO

Jalur lain yang bisa kamu ambil bila tak ingin ikut tes seleski adalah jalur seleksi tanpa tes berdasarkan prestasi seni atau sain ataupun olahraga yang bisanya disingkat PMDK-SSO. Untuk ikut jalur ini, kamu harus minimal juara 3 tingkat SMTA. Nilai raportmu pun tak ada yang boleh kurang dari 6.0 untuk masuk ke jalur ini.

3. PMDK-Rapor

Jalur tanpa tes lain yang bisa kamu ambil adalah PMDK-rapor. Untuk bisa masuk dengan jalur ini, kamu harus memiliki nilai rata-rata rapor minimal 7,5 untuk skala 10 dan 3.0 untuk skala 4. Namun, sayangnya, penerimaan mahasiswa baru dengan jalur ini tidak berlaku untuk kamu yang berniat mendaftar di jurusan farmasi di kebanyakan universitas negeri.

4. PMDK-UN

Jalur yang satu ini merupakan jalur tana seleksi berdasarkan nilai UN yang kamu peroleh. Kamu harus memiliki nilai murni UN rata-rata paling kecil adalah 7.0 dan tidak ada satupun nilai yang di bawah 5,5. Ini dibuktikan dengan berkas fotocopi ijazah dan SKHUN yang dilegalisir sebelum kamu mendaftar.

5. BPM-KP

Lalu ada BPM-KP yang merupakan jalur tanpa tes berdasarkan nilai rapor, nilai UN dan rekomendasi dari PRM dan Duafa. Bila kamu berhasil masuk dalam jalur ini, kamu akan diberikan fasilitas berupa bebas biaya pendidikan dari semester satu hingga depana. Namun syaratnya kamu harus memiliki nilai rata-rata 8 pada rapor dan 7,5 pada nilai UN.

Nah, kamu memenuhi persyaratan untuk masuk universitas negeri tanpa tes di atas? Jika iya,  manfaatkanlah. Kamu bisa melakukan pendaftaran universitas jalur prestasi atau jalur lainnya dengan langsung menghubungi PTN yang bersangkutan. Tapi ingat, kamu harus memenuhi semua syaratnya terlebih dulu!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.