Jurusan dengan Prospek Kerja yang Tinggi bagi Fresh Graduate di Australia

Apa yang pertama kali terlintas di benakmu tatkala sudah menamatkan studi sarjana? Bekerja atau melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya adalah dua pilihan yang paling sering dilakoni para sarjana baru yang populer disebut dengan fresh graduate. Gelar fresh graduate yang disematkan kerap memberikan efek kebanggaan pada para lulusan universitas dan menjadi rebutan banyak perusahaan besar yang membuka lowongan kerja. Meskipun begitu, banyak juga perusahaan yang cenderung mencari individu yang telah memiliki pengalaman di bidangnya untuk dipekerjakan.

Selain prospek karir, gaji adalah hal penting yang menjadi dasar pertimbangan para fresh graduate untuk mencari kerja. Hal ini berimbas kepada meluasnya kompetisi kerja level dunia, salah satu buktinya adalah dengan banyaknya lowongan kerja di luar negeri, terutama di Australia. Sebagai salah satu negara paling favorit untuk menempuh studi bagi mahasiswa internasional, Australia ternyata menjadi negara incaran banyak lulusan fresh graduate Indonesia atau orang Indonesia yang menamatkan studi di Australia untuk bekerja. Kerja di Australia memang menawarkan gaji dan kesempatan networking internasional yang lebih tinggi, namun tentu saja kamu harus memiliki spesifikasi mumpuni di bidangnya. Nah, berikut ini adalah daftar jurusan atau bidang studi yang memiliki prospek tinggi bagi fresh graduate untuk bekerja di Australia. Adakah jurusanmu dari daftar di bawah ini?

 

  1. Keuangan dan Akuntansi

 

Bekerja di bidang jasa layanan keuangan dan akuntansi sangat dibutuhkan di mana-mana, tak terkecuali di Australia. Penguasaan ilmu di bidang ini biasanya dibutuhkan di sektor bisnis, perbankan, manajemen keuangan organisasi dan pribadi, kegiatan amal, dan lain sebagainya. Banyak lowongan kerja di Australia yang mencari kandidat terbaik di bidang ini setiap tahunnya. Para fresh graduate dituntut untuk memiliki pengentahuan tentang industri keuangan yang baik serta cakap dalam berbagai praktik kasus finansial. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di industri yang bergerak di bidang marketing, hukum, dan periklanan. Gaji yang akan kamu dapat belum termasuk bonus dan tunjangan kurang lebih sebesar AUD 2,765 per bulannya.

2. Bisnis

 

 

Jurusan dengan prospek karier tinggi di Australia berikutnya adalah bisnis. Jurusan bisnis memang merupakan jurusan populer di hampir setiap negara sedari dulu. Bagi fresh graduate, lowongan kerja di Australia yang tersedia untuk lulusan jurusan ini biasanya adalah sebagai konsultan manajemen, manajer proyek, management trainee, banker, sampai departemen sumber daya. Di Australia, gaji bagi para fresh graduate lulusan jurusan ini per bulannya berkisar AUS 2,685 dan itu masih ditambah dengan bonus dan tunjangan lainnya.

 

3. Hukum

 

Jurusan hukum memiliki jangkauan ilmu yang sangat luas, maka wajar bila prospek kerjanya pun tinggi di Australia. Bila kamu ingin bekerja di Australia, biasanya jurusan Hukum Internasional adalah yang paling populer dicari para perusahaan dan pemerintah. Konteks ilmu Hukum Internasional yang mendunia adalah alasan kenapa banyak yang mencari lulusan jurusan ini. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan firma hukum, spesialis hukum, pengacara, hingga bekerja di perusahaan swasta dan sektor pemerintahan. Gajinya juga relatif lebih tinggi, yaitu sekitar AUD 2,856 per bulan.

 

4. Kesehatan

 

Bidang ilmu kesehatan mutlak dibutuhkan di manapun. Di Australia, pekerjaan di bidang kesehatan yang banyak diutamakan adalah tentang penelitian pola makan dan kesehatan masyarakat. Pendeknya, Australia membutuhkan banyak lulusan jurusan kesehatan untuk meningkatkan standar hidup masyarakatnya dan bekerja di sektor kesehatan pemerintah maupun industri obat-obatan dan rumah sakit. Gaji yang akan kamu dapatkan juga sangat lumayan, berkisar pada AUD 2,694 dan masih ditambah dengan tunjangan dan bonus lainnya. Menarik bukan?

 

5. Jurnalistik

 

Jurusan ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling populer dan banyak diambil di Australia oleh banyak orang, baik lokal maupun internasional. Hal ini karena industri media baik cetak dan elektronik di Australia selalu bergeliat dalam menyajikan informasi yang teraktual bagi warganya dan dunia internasional. Peluang kerja di Australia di bidang jurnalistik terbilang tinggi, meski tentu saja persaingannya sangat ketat dan tak jarang lebih diutamakan bagi mereka yang memiliki indeks prestasi memuaskan semasa kuliah dengan pengalaman magang atau kerja sebelumnya. Bagi fresh graduate, kamu bisa bekerja sebagai agensi PR, perusahaan media, penerbitan, penulis paruh waktu, dan wartawan magang. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan jurusan ini tergolong paling tinggi loh, yaitu sekitar AUD 3,000 per bulan ditambah dengan tunjangan dan bonus lain.

Bagaimana? Semakin mantap untuk merajut mimpinya dengan kerja di Australia? Peluang besar yang ada di sana tentulah harus diimbangi dengan persiapan yang matang dan kecakapan yang mumpuni. Persiapkan dirimu sebaik-baiknya dan jemputlah mimpimu untuk bekerja di Australia.

 

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *