Jangan Khawatir, Ada Beberapa Jalur Masuk PTN 2018

Jangan Khawatir, Ada Beberapa Jalur Masuk PTN 2018

SNMPTN 2018 sudah berakhir dan pengumumannya pun sudah dilakukan. Bagi kamu yang tak diterima, apa yang harus dilakukan jika tidak lulus SNMPTN 2018 ini? Tenang, ada banyak jalur masuk PTN 2018 yang bisa kamu ambil bila kamu tak lulus SNMPTN 2018 lalu. Lalu, apa saja jalur masuk PTN yang bisa kamu ambil itu?

1. SBMPTN

Salah satu jalur yang bisa kamu ambil selain SNMPTN adalah SBMPTN atau selesksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Ini adalah jalur yang paling banyak diambil mereka yang tidak lulus SNMPTN setiap tahunnya. Di sini, kamu akan diuji dalam ujan tertulis dan ujian keterampilan meliputi potensi akademik yang kamu miliki.

2. PSSB

Jalur lain yang bisa kamu manfaatkan bila tak lulus SNMPTN adalah PSSB atau program seleski siswa berprestasi. Ini hanya bisa diambil oleh kamu calon mahasiswa PTN atau PTS yang memiliki segudang prestasi sewaktu sekolah. Di sini, kamu tak perlu mengikuti beragam tes yang rumit. Asal prestasimu memadai, kamu sudah bisa diterima.

3. Seleksi Mandiri PTN

Jalur lainnya yang bisa kamu ambil adalah jalur seleksi mandiri PTN. Ini adalah jalur yang paling banyak diambil calon mahasiswa yang tak lulus SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi ini akan menguji kamu secara terpadu dan diselenggarakan oleh PTN yang kamu tuju. Jadi, pesaing kamu untuk masuk di PTN harapan di jalur ini tidak terlalu banyak.

4. Jalur Prestasi

Jalur lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah jalur prestasi. Ini cocok untuk kamu yang memiliki segudang prestasi di bidang akademik ataupun olahraga selama sekolah. Jalur ini wajib kamu coba bila kamu memiliki kualifikasinya. Biasanya, jalur ini hanya dibuka untuk mereka yang berhasil memenangkan kejuaraan tingkat tnggi seperti Olimpiade.

5. Jalur Bebas Tes Tulis atau BTT

Terakhir adalah jalur bebas tes tulis. Ini merupakan jalur bagi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada prestasi yang dimiliki calon mahasiswa tersebut. Jalur tes ini biasanya juga ditujukan untuk kamu yang memiliki segudang prestasi akademik semasa sekolah. Ini jelas bisa kamu manfaatkan apalagi bila kamu memiliki prestasi tersebut.

Itulah beberapa jalur masuk PTN 2018 yang bisa kamu manfaatkan. Tak usah bertanya lagi apa yang harus dilakukan jika tidak lulus SNMPTN, cukup ikuti alternatif jalur penerimaan mahasiswa baru selain SNMPTN di atas. Kamu bisa memanfaatkan apa yang kamu miliki seperti prestasi untuk bisa kuliah di PTN impian.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.