Informasi Lengkap Kuliah S2 di Universiti Teknologi Petronas

University Teknologi Petronas (UTP) merupakan perguruan tinggi di Malaysia yang menawarkan berbagai program rekayasa, teknik, sains, dan teknologi. Perguruan tinggi swasta nomor 1 di Malaysia ini berhasil masuk peringkat 150 besar terbaik menurut QS Asian University Ranking,

Cara Pendaftaran

Kalau kamu tertarik jadi bagian dari UTP dengan menjadi salah satu mahasiswa pascasarjana, kamu bisa daftar online. Saat login, jangan lupa alamat pos-el dan password yang kamu gunakan. Hal ini dikarenakan, kamu mungkin harus login lagi untuk upload dokumen, memeriksa status pendaftaran, dan lainnya.

Dokumen yang perlu kamu sertakan biasanya seputar ijazah S1, transkrip nilai, dan lainnya yang disertai cap basah atau legalisir. Begitu pula dengan dokumen berbahasa Inggris-nya yang perlu dilegalisasi juga. Biaya pendaftaranya sekitar $30 yang bisa dibayar melalui bank atas nama University Teknologi Petronas.

Sebagai mahasiswa internasional, kamu juga harus memenuhi persyaratan lainnya. Misalnya skor IELTS harus 6.0, TOEFL PBT 550, TOEFL IBT 79, atau kualifikasi lainnya yang setara untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris.

Kamu juga harus melewati EPT (English Placement Test) untuk menilai kemampuan Bahas Inggris saat mendaftar ke kampus ini. Nah, kalau pas-pasan, kamu akan diminta ikut Intensive English Class sebelum menuju Foundation (Program Persiapan).

Program Magister dan Biayanya

Ada enam jurusan yang bisa kamu pilih di kampus yang berhasil meraih peningkatan yang cukup siginifikan dari segi peringkat dunia, khususnya Teknik Kimia dan Teknik Mesin. Tahun 2015, Teknik Kimia masuk Top 200, sedangkan sekarang sudah masuk Top 150 dunia, sedangkan Teknik Mesin dari semula Top 250, kini masuk Top 200.

Artikel Terkait: Informasi Lengkap Kuliah di Universiti Teknologi Malaysia

Jurusan-jurusan  yang bisa kamu pilih untuk kuliah S2 di University Teknologi Petronas di antaranya yaitu MSc in Process Integration (cousework) dengan durasi 1 tahun dan biaya sekitar Rp250.000.000. Berikutnya MSc in Petroleum Geoscience (cousework) dengan durasi 2 tahun dan biaya kuliah sekitar Rp243.243.243 untuk orang asing.

Bagi warga negara Malaysia, biaya kuliah dikenakan sekitar Rp162.162.162. Kemudian ada juga jurusan MSc in Asset Management and Maintenance (coursework) durasi 1 tahun, MSc in Petroleum Engineering (cousework) durasi 2 tahun, MSc in Drilling Engineering, dan MSc in Electronic System Engineering (cousework) yang biayanya tidak jauh beda dengan jurusan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan jurusan S2, jurusan S1 yang ditawarkan University Teknologi Petronas lebih bervariasi. Biayanya rata-rata Sekitar Rp300.000.000 (4 tahun). Lalu ada pula berbagai Foundation Programme (Technology Stream) untuk memperdalam kemampuan Bahsa Inggris-mu (1 tahun) dan biaya rata-rata untuk orang asing yaitu Rp80.000.000.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.