Info Pendaftaran dan Biaya Kuliah di Universitas Kristen Petra

Salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya yang kiprahnya tidak bisa dipandang sebelah mata adalah Universitas Kristen Petra. Perguruan tinggi yang memiliki komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Kristiani ini sudah memasuki usia yang ke-56. Dalam artikel kali ini, akan dibahas singkat biaya kuliah Universitas Kristen Petra.

Cukup banyak penghargaan yang berhasil diraih perguruan tinggi swasta tertua di Surabaya ini. Tidak heran kalau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyematkan predikat A pada institusi pendidikan yang satu ini. Tersedia 32 program studi (prodi) dalam 7 fakultas yang bisa kamu pilih di sini.

Seleksi Masuk UKP

Universitas ini menawarkan cukup banyak jalur dan waktu pendaftaran. Terhitung 7 jalur yang bisa kamu pilih. Ada Jalur Prestasi, Kerjasama, dan Jalur Umum Periode Januari, Februari, Maret, April, Mei, dan Juni.

Artikel Terkait: Info Lengkap Tentang Kuliah di Universitas Medan Area

Untuk jalur Umum Periode Januari, batas pendaftarannya sampai tanggal 19 Januari 2018 (khususnya wilayah Surabaya dan Jawa). Sedangkan untuk wilayah yang lebih Timur, waktu pendaftaran lebih panjang, yaitu sampai 16 Februari 2017. Kalau kamu ingin mengajukan beasiswa, orang tua kamu wajib wawancara di kampus UKP pada batas pendaftaran tersebut.

Selanjutnya, ujian seleksi dan ujian khusus (untuk prodi tertentu seperti programmer) dilakukan pada tanggal 20 Januari 2018. Pengumumannya dilakukan secara online pada tanggal 30 Januari 2018 pukul 12.00. Sedangkan pembayaran USM angsuran I, pendaftaran definitif online, dan pengumpulan berkas definitif dilaksanakan pada 13-27 Februari 2018.

Biaya Kuliah di UKP

Biaya kuliah di Universitas Kristen Petra mencakup Uang Sumbangan Masuk (USU), Uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (USPP), Uang Pendaftaran Rencana Studi/SKS (UPRS), dan Uang Daftar Ulang (UDU), serta biaya lainnya. Untuk USU, bisa diangsur lima kali selama 5 bulan berturut-turut. Sedangkan biaya lainnya tidak dapat diangsur.

Besar semua biaya kuliah tersebut bervariasi, tergantung prodi dan jalur pendaftaran yang ingin kamu pilih. Untuk USM Jalur Prestasi, nominalnya antara Rp 3.750.000 sampai Rp 12.500.000. Kemudian, untuk USM Jalur Kerjasama, nominalnya Rp 7.500.000-Rp 25.000.000. Sedangkan USM Minimal Jalur Umum sama seperti USM Jalur Kerjasama.

Selanjutnya, biaya USPP per semester Rp 5.200.000-Rp 18.500.000, UPRS per semester Rp 250.000-Rp 975.000.000, UDU per tahun sama rata untuk tiap prodi yaitu Rp 650.000. Begitu pula dengan biaya lainnya yang besarnya sekitar Rp 3.175.000.000.

Sebagai catatan, biaya USPP, UPRS, dan UDU ini hanya berlaku untuk masa studi normal, yaitu 4 tahun. Jadi, kalau kamu mengambil masa studi lebih dari itu, maka nominal ketiga biaya tersebut mengikuti biaya yang dibebankan pada adik tingkatmu yang kuliah pada tahun ajaran 2019/2010.

Begitu pula kalau kamu mengambil masa studi 6 tahun, maka berlaku biaya kuliah mahasiswa tahun ajaran 2020/2021. Biasanya, biaya kuliah naik tiap tahunnnya. Oleh karena itu, agar biaya yang dikeluarkan lebih efisien, kamu perlu membuat perencanaan studi yang matang agar bisa lulus tepat waktu, alias tidak lebih dari 4 tahun.

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang terpercaya, biaya kuliah Universitas Kristen Petra masih bisa dijangakau oleh mahasiswa yang berasal dari kelompok ekonomi menengah. Kalaupun masih dirasa cukup berat, banyak beasiswa yang ditawarkan di sini, terutama untuk kamu yang memiliki prestasi di bidang akademik, olahraga, maupun seni, khusus anak pendeta, serta beasiswa lainnya.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.