Info Lengkap Seputar Beasiswa PMDSU untuk S2 dan S3

Siapa sih yang tidak ingin bisa lanjut S2 bahkan S3 dengan beasiswa penuh? Kalau kamu tertarik, beasiswa PMDSU (Program Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) bisa jadi jawabannya. Sesuai kepanjangan namanya, beasiswa DIKTI ini memang ditujukan pada semua lulusan sarjana berprestasi di Indonesia yang memiliki impian ingin menjadi dosen.

Syarat Pengajuan

Syarat mengajukan beasiswa ini tidak terlalu sulit dan tergolong umum seperti beasiswa pada umumnya. Kamu hanya perlu memiliki IP minimal 3.25 dan telah lulus sarjana dalam 3 tahun terakhir. Jadi, untuk pengajuan tahun 2018 ini, setidaknya kamu lulusan 2016, 2017, atau 2018.

Satu hal yang perlu kamu tahu, beasiswa ini diperuntukkan bagi calon pendaftar yang ingin kuliah di tanah air, dan hanya kampus-kampus tertentu yang menerima pendaftar dari beasiswa ini. Syarat lainnya yaitu kamu harus bisa lulus S2 dan S3 dalam kurun waktu 4 tahun. Waktu yang lebih singkat dari pada program yang sama pada umumnya, bukan?

Artikel Terkait: Daftar Beasiswa S2 di Tahun 2018

Usia kamu juga tidak boleh lebih dari 23 tahun saat melamar beasiswa ini. Kemudian, tidak sedang menerima beasiswa lain, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba. Untuk batch III 2017 lalu, perguruan tinggi yang ikut menjadi penyelenggara beasiswa ini ada 11, di antaranya IPB, ITB, ITS, Unand, Unair, Unibraw, UGM, Unhas, UI, Unsri, dan USU.

Komponen Beasiswa

Komponen dan kegiatan beasiswa S2 PMDSU ini ada 5, yaitu hibah penelitian yang besarnya Rp 60 juta per mahasiswa dan per tahun untuk riset dengan kelompok penelitinya atau promotor. Kedua, PKPI yang besarnya disesuaikan dengan ketentuan Program PKPI untuk outsourcing fasilitas riset di dalam maupun luar negeri.

Lalu yang ketiga, biaya peningkatan jejaring kerjasama yang dimanfaatkan sebagai perluasan jejaring riset internasional PMDSU. Keempat, komponen biaya SPP/UKT yang besarnya disesuaikan dengan ketetapan perguruan tinggi negeri.

Kemudian yang terakhir, biaya BPDN yang besarnya disesuaikan dengan standar beasiswa dalam negeri. Komponen biaya ini bisa digunakan sebagai biaya hidup dan kegiatan lainnya yang mendukung perkuliahanmu.

Nah, kalau kamu tertarik dan usia atau nilai IPK-mu memenuhi syarat, segera lengkapi persyaratan lainnya jauh-jauh hari sebelum pendaftaran beasiswa ini ditutup. Persiapkan pula fisik dan mentalmu agar sanggup menyelesaikan perkuliahan S2 dan S3 dalam rentang waktu 4 tahun seperti yang disyaratakan beasiswa PMDSU ini.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.