Info Lengkap Beasiswa S2 Jepang yang Wajib Dicoba

Kuliah ke Jepang, siapa tidak yang mau? Apalagi kalau biaya kuliah tidak perlu kamu tanggung sendiri. Sebab, sekarang ada beasiswa S2 Jepang yang bisa kamu ambil. Dengan beasiswa ini, biaya kuliah kamu selama di negeri ini akan ditanggung dengan jumlah yang berbeda. Lalu, apa saja yang harus kamu tahu tentang beasiswa ini?

Artikel Terkait: Tips Menulis Application Letter untuk Beasiswa Chevening

Penjelasan Umum tentang Beasiswa Jepang

Perlu kamu tahu, beasiswa ini hanya ditujukan untuk pelajar internasional yang melanjutkan kuliah ke Jepang. Pemberian dana beasiswa ini biasanya dimulai pada bulan April setiap periodenya. Jadi, kamu bisa siap-siap terlebih dahulu sebelum waktunya tiba, ya! Kamu juga tidak akan dikenakan kewajiban mengembalikan dana pada pemberi beasiswa ini nantinya.

Jangka waktu dan jumlah dana yang diberikan pada beasiswa ini telah ditentukan sebelumnya. Kamu bisa memilih besaran beasiswa serta waktu kuliah sesuai yang telah tersedia. Pilihannya adalah 200.000 Yen atau lebih kurang 23 juta rupiah per bulannya untuk satu hingga dua tahun.

Lalu, pilihan kedua adalah 180.000 Yen per bulan atau sekitar 21 juta rupiah untuk waktu kuliah selama 3 tahun. Terakhir, adalah 150.000 Yen atau sekitar 17 juta per bulan untuk kuliah selama 4 hingga 5 tahun. Bila sudah memilih, kamu tidak akan bisa menggantinya. Kamu juga tidak bisa menerima beasiswa lain setelah menerima beasiswa S2 Jepang ini.

Persyaratan Beasiswa Jepang

Nah, tentu saja untuk mendaftar beasiswa ini, ada syarat dan ketentuannya. Syarat dan ketentuannya adalah kamu bukanlah warga Jepang. Kamu juga harus terdaftar sebelumnya pada suatu perguruan tinggi di mana pemohon menempuh studinya. Usia maksimal untuk program S2 adalah 30 tahun.

Kamu juga harus memiliki etos kerja yang tinggi serta harus menjaga hubungan baik dengan lingkungan internasional. Pastinya, kamu juga harus menguasai bahasa Jepang sebelumnya. Sebab, sebelum kamu menerima beasiswa, kamu akan diwawancarai. Wawancaranya jelas sekali menggunakan bahasa Jepang.

Kamu juga harus memenuhi semua dokumennya yang terdiri atas formulir, CV, lembar informasi data diri, serta transkip nilai dari jenjang sebelumnya. Selain itu, kamu juga harus melampirkan rencana studi atau riset dalam bahasa Jepang serta surat rekomendasi dari profesor kamu dan surat penerimaan untuk program studi.

Bagaimana? Tertarik untuk mendaftar beasiswa S2 di Jepang ini? Jika iya, kamu harus mengirimkan semua dokumen yang diminta itu ke Honjo Internasional Scholarship, Tokyo. Setelah itu kamu akan diseleksi sebanyak dua kali. Jika sudah, barulah nasib kamu akan ditentukan pada bulan Maret setiap periodenya.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.