Daftar Kuliah Online di Universitas Negeri Juga Bisa Lho!

Secara global, kuliah online sudah dimulai sejak tahun 1960 silam. Tapi baru populer satu dekade terakhir ini. Sebut saja kuliah online UI, kuliah online UNS, dan beberapa daftar kuliah online dari universitas negeri lainnya. Misinya untuk memfasilitasi para mahasiswa yang terkendala soal jarak. Buat kamu, ini ada beberapa info tentang kuliah online.

1. Kuliah Online di Universitas Indonesia (UI)

Program kuliah online di UI sudah diresmikan sejak tahun 2014 yang lalu. Persis dengan peluncuran program dari pemerintah tersebut di tahun yang sama. Kuliah online di UI boleh diikuti oleh mahasiswa non-UI. Tentu dengan mekanisme administrasi yang berbeda. Tapi kualitasnya dijamin sama karena banyak pakar turut andil dalam program ini.

Kuliah online ini juga bisa diikuti oleh kamu yang saat ini sudah bekerja sebagai karyawan. Katakanlah untuk meningkatkan skill dan pendapatan per bulan. Dalam dunia kerja, makin tinggi title seseorang, maka potensi dapat gaji tinggi makin besar. Dalam kuliah online di UI ini terdapat banyak jurusan yang bisa dipilih, seperti Farmasi, Bahasa, dan lainnya.

2. Kuliah Online di Universitas Sebelas Maret (UNS)

Selain UI, universitas terfavorit di Solo ini juga buka kuliah online. Banyak jurusan yang bisa dipilih. Salah satunya jurusan-jurusan yang ada di FMIPA. Lengkapnya ada 347 mata kuliah online. Berdasarkan data-data yang ada, jumlah mata kuliah yang diajarkan via daring memang belum ada sepertiganya. Tapi itu sudah bagus.

Dibandingkan dengan kuliah di kampus, kuliah online punya biaya yang cenderung murah. Kamu tak perlu lagi pusing mikirin biaya bayar gedung dan lain-lain. Dosennya juga tak perlu lagi mencetak buku ajar. Semua sudah tersedia dalam perpustakaan yang disediakan oleh pihak UNS. Tentu saja dengan kualitas setara dengan pengajaran versi non-daring.

3. Kuliah Online di Universitas Gajah Mada (UGM)

Program e-learning juga diterapkan oleh UGM. Nama program yang dirintis oleh UGM adalah eLisa atau eLearning System for Academic Community. Amat beruntung kalau kamu kuliah online di UGM. Soalnya banyak sekali yang hibah demi pengembangan e-learning di UGM. Fasilitas tiap tahunnya juga semakin maju. Belajar jadi luar biasa asyiknya.

Baik kuliah online UI, kuliah online UNS, dan kuliah online di UGM, masing-masing punya keunggulan dan mekanisme yang berbeda. Cara daftar kuliah online di tiga universitas negeri di atas cukup dengan kunjungi website resminya. Penuhi syarat-syaratnya. Nanti akan diteliti pihak universitas sekaligus DIKTI dari pemerintah.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.