Cara Mendapatkan Visa Pelajar di Amerika

Sebagai negara adidaya dan bisa dikatakan paling maju di dunia, Amerika Serikat dan pesonanya bagi pelajar Indonesia memang luar biasa. Setiap tahunnya, ribuan pelajar Indonesia berbondong-bondong mengajukan visa pelajar agar dapat berkuliah di negara impian tersebut. Kualitas pendidikan di Amerika memang tidak diragukan lagi. Jajaran sekolah dan universitas top peringkat teratas dunia ada di negara ini. Tak heran bila negara ini banyak menjadi rujukan bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia yang hendak menempuh studi baik tingkat menengah maupun lanjut.

Salah satu hal yang harus dipenuhi sebelum berangkat studi ke Amerika adalah soal visa. Visa Amerika terkenal cukup sulit ditembus bagi banyak kalangan masyarakat Indonesia, namun sebenarnya pengajuan visa Amerika tidaklah seseram yang dikatakan orang asalkan semua persyaratan dan dokumen telah kita lengkapi. Bagi pelajar, visa yang dibutuhkan adalah visa F-1 untuk program akademik dan M-1 untuk kejuruan atau non-akademik. Nah, sebelum kamu apply visa Amerika demi menjemput impianmu bersekolah di Negeri Paman Sam tersebut, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips di bawah ini agar pengajuan visa-mu mulus diterima.

Tahapan Diterima Visa Pelajar Amerika

Untuk bisa mulus ketika apply visa Amerika sebagai pelajar, kamu harus memenuhi hal-hal di bawah ini sebagai persyaratan wajib yang diminta:

  1. Telah diterima di program studi yang dituju dibuktikan dengan LoA atau Letter of Acceptance.
  2.  Institusi tempat kamu belajar nanti haruslah diakui oleh US Citizenship and Immigration Services.
  3. Diterima di program penuh waktu (full time study)
  4. Lancar berbahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat penguasan bahasa berupa TOEFL atau IELTS.
  5. Memiliki sponsorship atau penyandang dana dengan jumlah yang ditentukan.
  6. Dapat membuktikan untuk segera meninggalkan Amerika Serikat begitu program studi berakhir.

Formulir dan Dokumen Kelengkapan Syarat Pengajuan Visa Pelajar Amerika

Nah, setelah kamu memenuhi tahapan persyaratan pengajuan visa, sebelum apply visa Amerika kamu harus melengkapi formulir dan dokumen di bawah ini juga ya.

  1. Formulir I-20A-B yang diberikan oleh institusi tempat kamu diterima. Formulir ini setelah diisi harus dikembalikan kepada institusi untuk ditandatangani.
  2. Paspor aktif yang masih berlaku maksimal 6 bulan dari tanggal kadaluarsa. Namun, ada baiknya kamu memperpanjang dulu paspormu bila masa aktifnya telah hampir selesai.
  3. Pas foto ukuran 2x2 sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Informasi detail tentang pas foto ini bisa kamu simak di laman resmi Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia.
  4. Bukti tanda terima pelunasan biaya permohonan visa. Biaya ini bersifat non-refundable jika nantinya visa kamu ditolak maupun diterima.
  5. Surat resmi pernyataan dari pihak sponsorship atau penyandang dana selama di Amerika. Bukti finansial ini amat krusial karena bisa jadi penentu diterima atau ditolaknya aplikasi visa-mu.
  6. Transkrip nilai dan ijazah pendidikan terakhir.
  7. Sertifikat bahasa berupa TOEFL atau IELTS dan nilai tes masuk ujian di Amerika yaitu GRE dan GMAT.
  8. Menyatakan kesanggupan dan komitmen untuk menghadiri wawancara di Keduataan Amerika Serikat sesuai waktu yang diminta.

Nah, sederet persyaratan di atas harus kamu penuhi dan persiapkan dengan sebaik-baiknya bila ingin apply visa Amerika-mu diterima dengan mulus dan lancar. Yang harus diperhatikan, saat wawancara kamu juga harus mampu menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan lugas. Sampaikan bahwa niat kamu adalah murni belajar dan kamu akan segera meninggalkan negara Amerika begitu masa studimu selesai. Bila semuanya mampu kamu penuhi, niscaya apply visa Amerika-mu pasti diterima. Selamat memperjuangkan mimpi di Amerika!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.