Biaya Hidup Mahasiswa S2 di London

Siapa yang tidak bangga apabila kuliah di Inggris? Sebagai negara adidaya yang bahasanya dipakai sebagai bahasa internasional dan dikuasai oleh mayoritas pendudu dunia, Inggris dan program kuliahnya menjadi magnet kuat bagi para pelajar internasional, tak terkecuali pelajar Indonesia. Dari tahun ke tahun, jumlah pelajar Indonesia yang kuliah di Inggris semakin bertambah. Tak mengherankan karena di negeri ini sistem pendidikannya memang nomor wahid, bahkan universitas terbaik dunia yaitu Oxford University ada di Inggris.

Bila kamu hendak menempuh kuliah di Inggris, maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari. Kali ini, kita akan membahas mengenai biaya hidup di Inggris sebagai mahasiswa. Contoh yang diambil adalah di biaya hidup di London. Selain sebagai ibu kota negara yang memiliki banyak pilihan universitas top, biaya hidup di London juga paling mahal dibanding kota-kota lain di Inggris. Jadi, kamu bisa mengalkulasi maksimal bila nantinya kamu ternyata berkuliah di kota selain London.

Syarat Finansial

Saat kamu mendaftar untuk visa pelajar ke Inggris, kamu akan akan diminta untuk menunjukkan bukti kesanggupan finansial dalam bentuk deposit di bank atau atas nama wali/orang tua yang sah. Jumlah yang diminta telah dibuat patokan umum sebagai estimasi untuk biaya hidup di Inggris nantinya. Bila kamu berencana tinggal di pusat kota, maka biaya hidup di London yang kamu butuhkan nantinya berkisar antara £1,000 per bulan. Sementara itu, jika kamu tinggal di luar kota London, maka kamu membutuhkan biaya sebesar £800 setiap bulannya.

Biaya Akomodasi

Tempat tinggal atau akomodasi adalah hal paling penting setelah nantinya kamu resmi menjadi mahasiswa di Inggris. Biaya akomodasi ini tergantung pada lokasi dan jenis tempat tinggal yang kamu pilih. Umumnya, biaya hidup di London berkisar £100 per minggu untuk sebuah kamar flat untuk satu orang. Namun, itu hanya biaya sewa saja dan belum termasuk listrik, internet dan air yang tentu juga kamu akan butuhkan.

Alternatif lain bila kamu ingin berhemat, kamu bisa tinggal di asrama yang disediakan kampusmu. Bila kamu sudah membayar biaya kuliah di kampus, maka kamu akan mendapat pemotongan biaya untuk akomodasi di area kampus. Hal ini sangat lumayan untuk menghemat pengeluaran, meski kamu harus bergegas dan berlomba-lomba dengan mahasiswa lain karena fasilitas asrama di kampus biasanya sangat banyak peminatnya.

Makanan

Kuliner di Inggris memang tidak sekaya Italia maupun Prancis, bahkan kalah jauh dibandingkan kekayaan kuliner kita. Meskipun demikian, karena banyaknya imigran dunia yang datang ke Inggris untuk bersekolah atau bekerja, maka kian hari makin banyak jenis masakan yang dibuat. Kamu bahkan bisa mencicipi aneka ragam masakan khas dari penjuru dunia di London sebagai pusat negara tersebut. Sesekali, kamu boleh makan di luar untuk merasakan pengalaman yang seru. Namun, untuk sehari-hari sebaiknya kamu memasak demi menghemat anggaran. Berikut kisaran biaya bahan makanan di London:

  • Susu – £1.20 per 2 kotak
  • Sereal – £2 per kotak
  • Roti gandum – £1.20 per bungkus
  • Buah-buahan (apel, jeruk, kiwi) – £1 per paket berisi 4 buah
  • Daging sapi – £3 – £4 per 500 gram
  • Selada atau sayuran segar lain – £1 per ikat

 Transportasi

Transportasi di Inggris sangat maju. Apalagi di London yang terkenal dengan tube atau kereta cepat bawah tanahnya. Sistem transportasi ini terintegrasi dengan baik.

Bila kamu tinggal di luar area kampus, maka kamu akan membutuhkan transportasi umum untuk mobilitasmu sehari-hari. Biaya transportasi per minggu di London berkisar antara $15 per minggu atau kamu bisa lebih hemat lagi bila membeli kartu pass khusus mahasiswa yang menggunakan potongan harga.

Nah, itulah gambaran ringkas biaya hidup di London yang bisa kamu persiapkan saat kelak kamu menjadi mahasiswa di sana. Bila kamu sudah di Inggris, sampaikan salam hangat ke Menara Big Ben yang terkenal itu ya!

Summary

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.