Biaya Hidup Mahasiswa S2 di Australia

Kuliah di Australia adalah hal yang sangat diimpikan oleh banyak mahasiswa di Indonesia. Negeri Kanguru yang letaknya tak terlalu jauh dari Indonesia ini memang dikenal sebagai salah satu destinasi studi paling populer bagi pelajar di seluruh dunia. Sistem pendidikan yang maju, kualitas dosen pengajar yang mumpuni, hingga sumber-sumber bacaan dan sarana prasarana penelitian yang lengkap membuat negara ini menempati peringkat ketiga destinasi studi paling populer di dunia setelah Amerika dan Inggris. Selain itu, alasan banyak orang ingin kuliah di Australia adalah cuaca dan kehidupan masyarakatnya yang aman dan damai. Sangat kondusif untuk belajar bukan?

Bila kamu adalah salah satu dari jutaan pelajar yang punya mimpi untuk bisa menempuh studi di Australia, selain mempersiapkan persyaratan untuk masuk universitas dan mungkin biaya kuliah di Australia dari beasiswa, kamu juga harus mempertimbangkan berapa biaya hidup mahasiswa di Australia. Hal ini sangat penting apalagi bila kamu berencana untuk kuliah di Australia dengan biaya pribadi tanpa sokongan beasiswa. Seluruh komponen biaya hidup harus kamu pertimbangkan betul mulai dari biaya kuliah, akomodasi, buku-buku dan keperluan kuliah, transportasi, makan, kesehatan, hiburan dan rekreasi.

Per 1 Januari 2010, Australia menetapkan bahwa setiap pendaftar visa mahasiswa untuk kuliah di Australia wajib memiliki akses dana minimal AUD 23.065 atau setara dengan 245 juta rupiah per tahun. Jumlah tersebut hanya biaya hidup mahasiswa di Australia saja, belum termasuk yang harus kamu siapkan untuk membayar biaya kuliah yang bervariasi tergantung universitas dan jurusan yang kamu pilih. Di bawah ini akan dibahas lebih detail biaya hidup di Australia dari beberapa komponen sehari-hari. Mari kita simak!

Biaya Akomodasi

Akomodasi atau tempat tinggal menjadi hal yang sangat penting untuk dipikirkan paling awal. Lokasi tempat tinggal juga menjadi faktor esensial karena bila kamu memilih lokasi yang dekat dengan area kampus, kamu akan menghemat biaya transportasi, walau konsekuensinya kamu harus membayar biaya yang lebih mahal. Berikut adalah gambaran biaya akomodasi mahasiswa di Australia:

  • Flat dengan sistem sewa bersama – $83-$215 per minggu
  • Asrama kampus – $90-$280 per minggu atau $11.000-$22.000 setahun
  • Homestay – $235-$325 per minggu
  • Rumah sewa bersama – $165 – $440 per minggu

Biaya Hidup Lainnya

Setelah gambaran akomodasi didapat, kini saatnya mengkalkulasi biaya hidup lain yang berkisar soal hal-hal di bawah ini. Hitungan dana dihitung per minggu agar lebih mudah menaksir kebutuhan yang harus kamu keluarkan selama menjadi mahasiswa di Australia.

  • Bahan makanan – $80-$280 per minggu
  • Biaya listrik dan gas – $35-$55 per minggu
  • Transportasi (kereta, bus) – $15-$55 per minggu
  • Biaya internet – $20-$55 per minggu
  • Hiburan – $80-$100 per minggu

Gambaran biaya hidup mahasiswa di Australia di atas sudah cukup jelas kiranya bagi kamu untuk mulai menghitung dan mempersiapkan dana sebelum berangkat menjemput impianmu untuk kuliah di Australia. Perlu diketahui bahwa gambaran dana di atas adalah biaya hidup di Australia untuk satu orang saja. Artinya, bila kamu sudah berkeluarga dan akan membawa keluargamu ke sana, kamu harus mempertimbangkan lagi gambaran dana yang harus kamu persiapkan. Pikirkan juga berapa lama kamu akan menempuh studi di Australia agar perencanaan finansialmu benar-benar matang. Selamat mempersiapkan diri untuk kuliah di Australia dengan sebaik-baiknya!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.