Biaya Hidup Mahasiswa S2 di Amerika

Amerika adalah negara besar dan maju yang banyak menjadi tujuan favorit para pelajar internasional untuk bersekolah atau berkuliah, tak terkecuali para pelajar Indonesia yang berlomba-lomba meraih beasiswa S2 Amerika. Kesempatan belajar di universitas terbaik dunia plus pengalaman dan jaringan internasionalnya membuat banyak orang begitu memimpikan bisa berkuliah di negeri Paman Sam ini.

Satu hal yang paling mendasar sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di Amerika adalah kamu harus tahu pasti biaya hidup di negara ini. Bila kamu berencana mengajukan beasiswa, kamu juga harus cermat memilih beasiswa S2 luar negeri yang bisa menanggung penuh biaya kuliah dan biaya hidupmu disana. Bila hendak menggunakan biaya sendiri, kamu juga perlu mengalkulasi dengan tepat agar tak salah perhitungan.

Meski biaya kuliah di Amerika tergolong tinggi, namun hal ini seimbang dengan rendahnya biaya hidup. Nah, artikel di bawah ini akan membantu kamu untuk menentukan besaran dana yang kamu butuhkan jika hendak berkuliah ke Amerika. Check it out!

1. Akomodasi

Hal paling utama tentu saja adalah soal tempat tinggal atau akomodasi. Bagi mahasiswa, amat disarankan untuk tinggal di asrama kampus selain untuk merasakan atmosfir akademik yang sesunguhnya, banyaknya aktivitas yang dilakukan di area kampus juga akan memudahkan mobilitasmu. Pastikan beasiswa S2 luar negeri yang kamu pilih nantinya juga menanggung biaya akomodasi ya.

Universitas terkenal yang terletak di area kota tentunya memiliki biaya akomodasi yang lebih mahal. Contohnya, Cornell University yang terletak di New York mematok harga sewa per tahun sebesar US$9,180 untuk kamar asrama single lengkap. Bandingkan dengan Pennsylvania State University yang membebankan biaya sewa sebesar US$2,595 untuk kamar tipe sharing dan US3,060 untuk kamar suite.

Bila kamu lebih suka tinggal di luar area kampus, kamu bisa meminta bantuan universitas untuk memberikan referensi terkait rumah sewa atau flat. Biasanya, harga sewa yang ditawarkan lebih murah. Namun, kamu masih harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi dan perlengkapan lain seperti internet dan alat yang dibutuhkan.

2. Biaya Hidup

Bila kamu memutuskan tingga di asrama kampus, menentukan besaran biaya hidup bisa lebih mudah karena kamu hanya tinggal menghitung biaya makan dan pengeluaran tambahan untuk keperluan kuliah. Bila kamu tingal di luar kampus, biaya yang kamu keluarkan lebih tidak terprediksi. Nah, berikut kami bantu untuk memberi gambaran besarnya biaya hidup yang harus kamu keluarkan di Amerika:

  • Internet, biayanya sekitar US$50 per bulan untuk pemakaian normal
  • T-mobil, provider seluler dimana kamu bisa mendapat layanan sms, browsing dan internet kecepatan tinggi. Biayanya sekitar US$50 per bulan.
  • Perlengkapan kebersihan, sekitar US$162

3. Transportasi

Enaknya tinggal di negara maju seperti Amerika adalah sistem transportasinya yang canggih dan terpadu. Bila kamu tinggal di area kampus, tentu transportasi bukanlah masalah dan kamu bisa meringkas banyak biaya untuk itu. Namun, bila kamu tinggal di luar area kampus dan kampusmu jauh dari pusat kota, kamu akan butuh untuk menggunakan transportasi umum lebih sering.

  • Kereta api komuter atau bis, per satu kali perjalanan US$2.50
  • Kartu Metrocard, per bulan dengan perjalanan sepuasnya US$112
  • Kartu pass mahasiswa dengan durasi 30 hari, sekitar US$62,75
  • Bus lokal, per perjalanan sekitar US$2.50

4. Makanan

Harga makanan di Amerika tergolong murah, dan satu hal yang amat menyenangkan adalah porsinya yang luar biasa besar. Bahkan, cukup membeli satu kali makanan saja kamu bisa menyantapnya untuk dua kali waktu makan. Terang saja banyak orang Amerika yang mengalami obesitas karena porsi makan mereka yang sangat banyak. Bila kamu memasak, bahan-bahan makanan juga sangat murah.

Supermarket seperti Walmart dan Target menjual aneka bahan masakan dan sayuran segar dengan harga ramah di kantong. Berikut adalah gambaran harga-harga bahan pangan di Amerika:

  • Susu cair 2,3 liter – US$2
  • Roti sandwich – US$1.30
  • Minyak goreng/olive oil – US$8
  • Telur, 1 lusin – US$4
  • Daging ayam – US$1,48
  • Daging sapi – US$1,8
  • Sayuran segar – US$0,8 – 2.0

5. Biaya Sosial

Selain biaya pokok untuk kebutuhan hidupmu, kamu juga akan memiliki kehidupan sosial dan butuh untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Berikut adalah gambaran biaya yang akan kamu butuhkan jika kamu bersosialisasi di luar kampus bersama teman-temanmu.

  • Minum di bar atau restoran – US$3.25
  • Kopi – US$3.50
  • Air mineral – US$1.30
  • Makan di restoran menengah – US$25
  • Tiket bioskop – US$8.40

Nah, itulah gambaran tentang biaya hidup di Amerika sebagai mahasiswa. Sekarang, kamu bisa mulai mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan mulai mengupayakan jalan untuk meraih mimpimu kuliah di Amerika. Contohnya, berjuang untuk memperoleh beasiswa S2 Amerika seperti Fullbright. Selamat berjuang!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.