Berapa Ya Rata-Rata Biaya Hidup Mahasiswa di India?

Kamu tertarik kuliah di India dengan biaya sendiri? Bisa! Dibanding dengan kuliah di negara lain di dunia, biaya hidup mahasiswa di India jauh lebih murah dan terjangkau. Lagipula, biaya kuliah di India biaya sendiri juga jauh lebih murah dibanding negara lain, bahkan dari Indonesia sendiri. Jadi, kamu bisa menggapai impian dengan mudah. Berapa biayanya?

Kisaran Biaya Kuliah di India

Sebelum kamu tahu berapa biaya hidup mahasiswa yang kuliah di India yang harus kamu keluarkan, sebaiknya kamu juga harus tahu berapa biaya kuliah yang harus kamu keluarkan selama di sini. Rata-rata, biaya kuliah di setiap universitas berbeda-beda tergantung dari jurusan dan universita yang kamu pilih.

Misalnya saja bila kamu mengambil jurusan populer di Delhi University, kamu harus mengeluarkan dana sekitar 1000 hingga 1800 dolar Amerika per semester atau sekitar 13,5 hingga 24 juta rupiah. Univeritas kenamaan lain? Coba universitas Anna Universitu Chennai. Di sini, kamu akan dikenakan biaya sekitar 6000 hingga 9000 dolar Amerika per semester.

Kalau dirupiahkan, itu sekitar 81 juta hingga 121 juta rupiah. Nah, sebagai alternatif, kamu bisa ambil kuliah di universitas kurang favorit seperti banaras Hindu University. Biaya kuliah di sini sangat murah, hanya sekitar 1800 Rupee per semester atau bila dirupiahkan hanya sekitar 400 ribuan saja. Sangat terjangkau, kan?

Biaya Hidup di India

Setelah tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya kuliah, barulah mengetahui biaya hidup di India. Dibanding di Indonesia, biaya hidup di India juga relatif murah. Untuk biaya makan misalnya, kamu hanya harus mengeluarkan sekitar Rp31.000,- per hari. Sedangkan untuk transportasi, rata-rata dihargai 15 Rupee per sekali jalan.

Jika dirupiahkan, hanya sekitar 3 ribu rupiah saja. Untuk tempat tinggal, kamu bisa menyewa apartemen satu kamar saja. Rata-rata, biaya sewanya hanya sekitar 1,4 hingga 2,3 juta rupiah saja per tahun. Untuk keperluan lain seperti listrik, air, dan telepon hingga internet yang dikeluarkan per bulan, biayanya tak sampai satu juta rupiah.

Nah, murah sekali, kan biaya hidup mahasiswa di India? Dengan biaya yang semurah ini, kuliah di India biaya sendiri jadi tak akan sulit untuk diwujudkan. Kamu juga tetap bisa mencoba untuk kerja part time selama di sini. Tapi, kalau kamu mau kuliah dengan beasiswa, juga tak masalah. Ada banyak beasiswa yang bisa diambil.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.