Beasiswa Kuliah di Swiss yang Bisa Kamu Kejar

Beasiswa kuliah di Swiss merupakan solusi untukmu yang ingin kuliah dengan biaya gratis. Kelancaran kuliah di luar negeri sangat terbantu dengan adanya beasiswa tersebut. Pada umumnya, beasiswa kuliah ini sudah termasuk biaya hidup dan biaya akomodasi. Coba saja daftar beasiswa untuk meringankan biaya kuliah di ETH Zurich atau di kampus lainnya.

Daftar Beasiswa Kuliah di Swiss

Sebagai salah satu negara yang mempunyai pendidikan berkualitas, Swiss punya beragam universitas ternama dengan tawaran beasiswa yang tidak sedikit. Kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa yang sesuai dengan kemampuan.

Swiss Government Excellence Scholarships merupakan salah satunya. Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Swiss dengan kategori beasiswa unggulan karena bertujuan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian internasional.

Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi peneliti pascasarjana untuk seluruh bidang studi dengan syarat minimal sudah lulus program master. Mahasiswa yang berhak mengikuti seleksi ini dipilih oleh dosen di setiap perguruan tinggi.

Untukmu yang ingin melanjutkan kuliah program master di Swiss, beasiswa ETH Excellence Scholarships sangat tepat menjadi pilihan. ETH Zurich menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan masuk 10% terbaik di tingkat S1.

University of Geneva Excellence Masters Fellowships merupakan beasiswa master untuk bidang sains di University of Geneva, meliputi bidang studi Kimia, Biologi, dan Matematika. Untuk mengikuti beasiswa ini, kamu harus menjadi mahasiswa berprestasi dengan masuk 10% nilai terbaik di perkuliahan S1.

Beasiswa selanjutnya adalah Marie Curie International Incoming Fellowships (IIF) for Developing Countries yang diperuntukkan untuk program doktor dengan ditambah dana penelitian. Tak hanya mendanai mahasiswa di Swiss saja, namun juga di universitas negara lain di Eropa. Dengan beasiswa ini, kamu berkesempatan melakukan riset ilmiah gratis.

Persyaratan Umum Beasiswa di Swiss

Setiap beasiswa pasti mempunyai beragam persyaratan khusus. Kamu bisa cek di situs resmi di setiap universitas ataupun di portal yang membahas beasiswa kuliah. Jika ada syarat khusus, pasti ada syarat umum.

Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa perguruan tinggi di Swiss adalah dengan mengisi aplikasi beasiswa dengan lengkap dan memberikan scan paspor, ijazah, serta transkrip nilai. Kamu juga harus menyertakan scan sertifikat lulus tes kemampuan berbahasa Inggris dengan tes TOEFL atau IELTS karena ingin mendaftar beasiswa di luar negeri.

Biaya Kuliah di Perguruan Tinggi

Biaya kuliah tingkat perguruan tinggi di Swiss memang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan negara di Eropa lainnya. Hal ini setara dengan kualitas pendidikan dan kemajuan negaranya. Kamu bisa mendapatkan biaya kuliah gratis dengan beasiswa. Untuk menentukan beasiswa yang sesuai, kamu harus mengetahui biaya di perguruan tinggi yang dituju.

Biaya kuliah di universitas ternama tentu lebih mahal. Biaya kuliah di ETH Zurich dan University of Basel sama besar, yaitu per tahunnya adalah 1600 EUR atau Rp 26,2 juta, sedangkan biaya di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne adalah 1100 EUR atau Rp 18 juta. University of Zurich adalah 1400 EUR atau Rp 22,9 juta.

Selain itu, terdapat biaya kuliah yang lebih murah di beberapa universitas dengan grade di bawahnya, yaitu University of Geneva dengan biaya 900 EUR setara Rp 14,7 juta dan University of Bern dengan 1500 EUR atau Rp 24,5 juta.

Demikianlah info seputar beasiswa kuliah di Swiss lengkap dengan syarat umum dan khususnya. Biaya kuliah di berbagai perguruan tinggi juga dapat kamu ketahui, seperti biaya kuliah di ETH Zurich sebagai universitas ternama. Kamu bisa mempersiapkan semuanya sesuai dengan beasiswa yang kamu minati.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *