Bagaimana Ya Cara Masuk Kuliah di Amerika Itu?

Kamu tertarik untuk kuliah di Amerika? Pertama, kamu harus tahu dulu cara masuk kuliah di Amerika sehingga bisa menyesuaikan diri dengannya. Selain itu, kamu juga harus tahu sistem kuliah di Amerika seperti apa. Hal ini sangat berguna untuk perkembangan studi kamu selama di sana. Lalu bagaimana cara mendaftar kuliah di Amerika serta seleksinya?

Cara Mendaftar Kuliah di Amerika

Secara umum, sebenarnya cara masuk kuliah di negara ini sama saja dengan masuk kuliah di negara lain. Pertama, tentukan universitas yang ingin kamu masuki. Bila sudah, kunjungi situs dari universitas tersebut. Cari tahu semua persyaratan yang harus kamu penuhi agar bisa diterima di sana. Ingat, kunjungi situs remsi website-nya!

Jangan dari pihak lain karena ini adalah tempat paling akurat untuk mendapatkan informasi. Setelah itu, jangan pernah terpaku pada satu kampus saja. Cobalah mendaftar paling tidak pada tiga kampus agar kesempatan kamu lebih besar. Jika sudah, siapkan semua dokumen persyarat kuliah di sana sejak dini.

Beberapa dokumen yang biasanya diperlukan untuk mendaftar kuliah di Amerika adalah nilai GRE atau GMAT untuk program pasca sarjana atau S2. Untuk S1, kamu harus memiliki nilai TOEFL di atas 550. Sediakan transkip nilai atau ijazah terakhir juga serta surat rekomendasi. Kamu juga diwajibkan membuat Statement of Purpose sebagai syaratnya.

Bagaimana Proses Seleksinya?

Secara umum, sebenarnya proses seleksi kuliah di Amerika juga tak jauh berbeda dengan negara lainnya. Kamu akan diseleksi berdasarkan nilai akademis yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga akan diukur melalui skor hasil tes baik GRE untuk program pasca sarjana dan TOEFL. Ini adalah proses paling awal dari penerimaan siswa di Amerika.

Selain itu, kamu juga akan dilihat dari surat rekomendasi yang kamu berikan. Surat rekomendasi ini akan memperlihatkan seberapa baik diri kamu. Setelah lulus dari semua ini, nantinya kamu akan diwawancara. Bila sudah sampai tahap ini, peluang kamu untuk bisa kuliah di Amerika sangat besar.

Itulah cara masuk kuliah di Amerika yang harus kamu tahu dan persiapkan dari awal. Sebelumnya, kamu juga harus membiasakan diri dengan sistem kuliah di Amerika yang memang berbeda dari sitem pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, agar bisa mewujudkan mimpi, kamu dituntut untuk belajar sungguh-sungguh dan giat! Pesaingnya banyak, lho!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.