Bagaimana Prosedur Daftar Kuliah di Kanada?

Menempuh pendidikan di luar negeri adalah cita-cita mulia demi masa depan cerah. Kanada adalah salah satu negara tujuan dengan kualitas perguruan tinggi yang tak dapat diragukan lagi. Untuk mendaftar di perguruan tinggi ternama di Kanada, tentunya ada prosedur. Cara daftar kuliah di Kanada terbilang mudah dengan persyaratan yang jelas.

Waktu dan Biaya Pendaftaran

Sistem pendaftaran kuliah di Kanada berbeda dengan sebagian besar negara yang menggunakan sistem pendaftaran pusat. Kamu harus mendaftar langsung lewat universitas yang dituju. Meskipun demikian, setiap teritori atau propinsi di Kanada bertanggung jawab terhadap setiap perguruan tinggi yang ada di wilayah yang bersangkutan.

Dengan berlakunya sistem pendaftaran mandiri tersebut, biaya pendaftaran yang diperlukan juga berbeda di setiap perguruan tinggi. Akan tetapi, terdapat sistem pendaftaran dari beberapa universitas di wilayah yang sama. Hal ini bisa menekan biaya pendaftaran menjadi lebih murah.

Sebagai contoh, kamu bisa mendaftar ke 3 universitas dengan jalur OUAC (Ontario University Application Centre). Biaya pendaftarannya akan jauh lebih murah untuk mendaftar ke beberapa universitas yang berada di Ontario. Kamu bisa mendaftar kuliah sesuai dengan periode yang berlaku di setiap universitas. Akses saja situs resminya.

Dokumen yang Diperlukan untuk Mendaftar

Setiap perguruan tinggi pasti mempunyai syarat dan ketentuan untuk menerima mahasiswa baru. Dokumen persyaratan tersebut juga harus diketahui. Dokumen tersebut antara lain adalah transkrip nilai akademis dan transkrip hasil tes kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL dan IELTS.

Dokumen yang diserahkan berupa dokumen asli beserta dokumen yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Pada perguruan tinggi tertentu, terdapat syarat tambahan surat keterangan sehat dari pihak medis dengan pemeriksaan kesehatan.

Prosedur Mendaftar Kuliah di Kanada

Setelah memahami waktu, biaya, serta dokumen persyaratan kuliah di Kanada, kamu harus memahami bagaimana prosedurnya yang sistematis. Berhubung tidak ada sistem pendaftaran terpusat untuk perguruan tinggi di seluruh Kanada, kamu harus mendaftar langsung ke perguruan tinggi yang dituju atau mengikuti sistem pendaftaran regional atau satu wilayah.

Setelah menentukan jurusan, program, serta perguruan tinggi tujuan, tentukan sistem pendaftarannya. Selanjutnya, kamu kirimkan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan via e-mail.

Jika kamu diterima, maka akan mendapatkan Offer of Admission Letter atau surat penawaran tempat dengan batas waktu untuk konfirmasi. Apabila menerima, berikutnya adalah pembuatan visa pelajar dari Kanada.

Setiap negara punya prosedur pendaftaran kuliah yang tak selalu sama. Pendaftaran kuliah di Kanada tersebut terbilang mudah. Kamu bisa memahami sistematika beserta dokumen yang diperlukan untuk daftar kuliah di Kanada. Jangan lupakan waktu pendaftarannya agar tidak terlambat, bahkan terlewat. Pastikan untuk melihat info dari perguruan tinggi tujuan.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.