Bagaimana Kehidupan di Swedia Menurut Mahasiswa Indonesia?

Untuk kamu yang berminat kuliah di Swedia, ada baiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu terkait kehidupan di Swedia. Mulai dari bagaimana kehidupan mahasiswa Indonesia di Swedia, biaya hidup, budaya masyarakat di sana, dan masih banyak lagi. Yuk simak baik-baik ulasannya berikut ini.

Pengalaman Aidi Saat Berkuliah di Swedia

Seperti yang diulas oleh Laili Aidi di blog pribadinya, lailiaidi.blogspot.com, Aidi menceritakan pengalaman pribadinya saat berkuliah di Swedia. Sebagai salah satu negara Skandinavia, biaya hidup di Swedia terbilang tinggi. Apalagi di kota besar seperti Stockholm, biaya hidupnya sedikit lebih mahal dibandingkan kota kecil lainnya.

Namun, yang terpenting dalam pengelolaan biaya saat berkuliah dan hidup di Swedia. Semua itu bergantung pada gaya hidup masing-masing mahasiswa. Menurut Aidi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menekan pengeluaran. Ada baiknya mahasiswa Indonesia memilih tempat belanja yang murah dan bersahabat di kantong.

Untuk makan sehari-hari, ada baiknya kamu memasak sendiri dan meminimalisir jajan di luar agar tidak boros. Terkait buku, lebih baik kamu meminjam di perpustakaan dibandingkan membeli buku baru. Untuk menghemat uang transportasi, lebih baik membeli sepeda bekas yang lebih murah untuk digunakan kuliah.

Pengalaman Aftri, Salah Satu Mahasiswa di Swedia

Aftriska, salah seorang mahasiswa yang pernah kuliah di Swedia, menuliskan pengalaman pribadinya di aftriska.wordpress.com. Di blog pribadinya tersebut, Aftri mengulas secara lengkap biaya hidup di Swedia. Menurutnya, biaya hidup di Swedia memang terbilang mahal, maka ada baiknya kamu mencari beasiswa kuliah di sana.

Saat kuliah 2 tahun di Swedia, Aftri menghabiskan biaya sekitar 400.900 SEK (Swedia Konor). Biaya tersebut mencakup uang pendaftaran kuliah, tuition fee, biaya residence permit, biaya apartemen, dan masih banyak lagi. Karena mahalnya biaya di Swedia, Aftri menyarankan untuk kamu yang berminat kuliah di Swedia untuk berebut berbagai beasiswa di sana.

Dari sisi masyarakat di Swedia sana, mereka sangat welcome dan ramah terhadap mahasiswa asing. Secara umum, Swedia juga negara yang sangat maju dari segala aspek, jadi kamu bisa belajar soal kependudukan, transportasi, housing, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia ulasan mengenai kehidupan mahasiswa Indonesia di Swedia yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan untuk kuliah di sana. Pahami betul seluk-beluk kehidupan di Swedia agar kamu tidak mengalami hal-hal seperti shock culture. Jadi, bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk berkuliah di Swedia?

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.