Apa Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Ikatan Dinas?

Menurut kamu, apa itu sekolah ikatan dinas? Lalu, apa perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas? Jika menurutmu keduanya itu sama, maka persepsimu sama kelirunya dengan yang selama ini banyak orang tahu. Karena, sekolah kedinasan tidak selalu memberlakukan ikatan dinas setelah lulus. Lebih jelasnya, simak perbedaan-perbedaan berikut.

Lembaga yang Menaunginya

Sekolah kedinasan berada di bawah naungan atau dikelola Badan/Kementerian/Lembaga Pemerintah. Kemudian untuk biayanya, baik sebagian maupun keseluruhan, dibiayai oleh lembaga yang menaunginya.

Sedangkan ikatan dinas merupakan salah satu status sekolah kedinasan yang akan melekat pada setiap alumninya. Jadi, jika status sekolah kedinasan tersebut adalah ikatan dinas, maka alumninya terikat dengan ikatan dinas. Kalau kamu masuk sekolah tersebut dan lulus, maka langsung diangkat menjadi salah satu pegawai di lembaga pemerintah yang menaunginya.

Jenis Sekolah Kedinasan

Sekolah dengan ikatan dinas ada 2 jenis, yaitu sekolah kedinasan dengan ikatan dinas 100% dan sekolah kedinasan dengan ikatan dinas tidak 100%. Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, sekolah kedinasan dengan ikatan dinas membuat lulusan atau alumninya terikat dinas dengan lembaga yang menaunginya.

Selama masa sekolah/kuliah di sekolah kedinasan dengan ikatan dinas 100%, mahasiswa akan mendapat berbagai tunjangan. Di antaranya berupa biaya kuliah gratis 100%, tunjangan bulanan, uang saku, dan yang terpenting, langsung diangkat menjadi salah satu pegawai di lingkungan kedinasan atau lembaga milik pemerintah. Contohnya IPDN dan STIS.

Sementara untuk mahasiswa yang sekolah/kuliah di sekolah kedinasan dengan ikatan dinas tidak 100%, sebenarnya biaya kuliah tetap gratis. Tapi, untuk menjadi PNS, harus melalui tes terlebih dahulu sehingga tidak semua lulusannya langsung diangkat menjadi pegawai di lembaga milik pemerintah. Contohnya STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

Sedangkan ikatan dinas sendiri merupakan sebutan untuk status sekolah ikatan dinas 100% dan tidak 100%. Jadi, ada ikatan dinas dengan full gratis biaya kuliah sekaligus jaminan kerja, ada juga full gratis biaya kuliah tapi tidak dijamin bisa langsung kerja. Perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas pada poin ini terletak pada jenis ikatan kedinasannya.

Durasi Ikatan Dinas

Seperti yang sudah disebutkan, sekolah kedinasan memberlakukan ikatan dinas sehingga begitu lulus alumninya bisa langsung kerja. Jadi, kamu tidak perlu lagi memikirkan untuk melamar pekerjaan untuk rentang waktu 2 tahun atau 2n. Kenapa 2 tahun atau 2n?

Karena, umumnya ikatan dinas tidak berlangsung selamanya. Ada yang 2 tahun dan ada yang 2n. Huruf n ini merupakan lama kuliah. Jadi, kalau kuliah kamu selesai dalam 4 tahun, maka ikatan dinasnya 8 tahun. Kemudian, untuk sekolah kedinasan dengan ikatan dinas tidak 100%, biasanya lebih umum disebut sekolah kedinasan non ikatan dinas.                                                                                                        

Mulai paham bukan, kalau sekolah ikatan dinas itu ada yang 100% ikatan dinas dan ada yang tidak? Perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas juga sudah jelas, kalau ikatan dinas merupakan status atau bagian dari sekolah kedinasan. Nah, apa kamu mulai tertarik untuk kuliah gratis di sekolah kedinasan?

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.