Ada Tidak Ya Beasiswa Kuliah S2 di India yang Bisa Kamu Dapat?

Tertarik untuk kuliah di India? India memang negara dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau dibanding negara lain. Tapi kamu bisa memilih beasiswa kuliah S2 di India untuk meringankan biaya. Ada banyak universitas di India yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa lokal atau asing yang bisa kamu ambil. Apa saja beasiswa itu?

Indian Council of Culturan Relation

Salah satu beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah lebih murah di India adalah Indian Council of Culturan Relation atau biasa disebut ICCR. Universitas ini khusus disediakan oleh pemerintah India untuk warga negara Indonesia. Beasiswa tak hanya ditujukan untuk program studi master saja, namun juga untuk sarjana atau S1 dan doktor.

Fokus bidang studi yang tersedia mulai dari jurusan seni, seni pertunjukan, arsitektur, sastra, tata niaga, sains, teknik, sampai pertanian. Ada juga untuk program kedokteran yang terdiri atas program kedokteran MBBS dan kedokteran gigi serta beberapa jurusan yang berhubungan dengan medis lain.

Beasiswa ADB-JSP

Asian Development Bank Japan Scholarship Program juga menyediakan beasiswa kuliah S2 di India dan di kawasan Asia. Selain India, negara lain yang bisa dituju adalah Jepang, Hongkong, Pakistan, Filipina, Singapura dan Thailand. Setidaknya, ada 26 universitas yang bisa kamu pilih dari program beasiswa ini.

Beasiswa ini akan menanggung seluruh biaya kuliah penuh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tunjangan perumahan, uang saku bulanan, tunjangan buku dan materi pelajaran hingga asuransi. Beasiswa ini hanya ditujukan untuk pelamar program master atau S2 saja dengan masa pendidikan maksimal 2 tahun dengan banyak jurusan yang bisa dipilih.

Beasiswa Expert

Beasiswa Expert dari Erasmus Mundus ini juga menawarkan kuliah di berbagai negara Asia seperti China, India, Thailand, Pakistan, India hingga Filipina. Hanya saja, kuota pelamar mahasiswa yang diterima dari program ini sangat sedikit. Beasiswa ini juga hanya ditujukan untuk program master dan doktor saja.

Nah, dari beasiswa kuliah S2 di India di atas, mana yang ingin kamu ambil untuk meringankan biaya kuliahmu selama di India? Memang, ada banyak universitas di India yang menawarkan beasiswa yang bisa kamu pilih. Namun, akan lebih baik bila kamu mengambil beasiswa di atas karena menanggung penuh semua biaya kuliah dan hidupmu.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.