5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Beasiswa Chevening

Kuliah dengan beasiswa penuh di universitas prestis luar negeri? Jika kamu tertarik, kamu bisa mengajukan beasiswa Chevening untuk melanjutkan program S2 di Inggris. Setiap tahunnya, program beasiswa ini banjir peminat. Bila kamu tertarik mengajukan juga, sebelumnya kamu harus tahu dulu hal ini.

1. Beasiswa untuk Mahasiswa dari Negara Berkembang

Program beasiswa ini, ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswa yang memenuhi strandar dari Chevening yang berasal dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Sejak tahun 1983, setidaknya setiap tahunnya program ini membiayai 600 mahasiswa dari 118 negara di dunia. Nah, kabar baiknya, sejak tahun 2015, jumlah mahasiswanya dinaikkan menjadi tiga kali lipat.

2. Membiayai Kebutuhan Studi Secara Penuh

Selama kamu kuliah dengan menggunakan dana dari beasiswa Chevening, semua kebutuhan studi kamu ditanggung  penuh. Biaya tersebut memenuhi biaya kuliah termasuk biaya ujian dan laboratorium, biaya hidup selama di sana termasuk akomodasi, transportasi dan makan sehari-hari, pulsa telepon, kesehatan dan kebutuhan kuliah lainnya.

Kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan visa dan pesawat yang akan membawamu ke dan kembali dari Inggris. Semua ditanggung oleh pihak Chevening termasuk bila ada ekstra bagasi.

3. Syarat dan Kriteria yang Harus Dipenuhi

Ketika mendaftar beasiswa ini, tentunya kamu harus memenuhi syarat dan kriteria dari pemberi beasiswa. Syarat dan kriteria tersebut memenuhi nilai dari gelar S1 kamu harus di atas rata-rata, bukan warga negara Inggris, serta bukan merupakan pekerja atau mantan pekerja yang berhubungan dengan Inggris.

Selain itu, kamu juga harus belum pernah mendapatkan beasiswa dari Inggris sebelumnya. Kamu juga tentunya harus menguasai bahasa Inggris yang bagus. Bahasa Inggris-mu nantinya akan di tes pada situs tes Chevening seperti IELTS, Pearson PTE Academic dan lainnya.

4. Memiliki Pengalaman Kerja Minimal 2 Tahun

Satu lagi yang harus kamu penuhi bila ingin mendaftar pada program beasiswa ini. Kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun atau setara dengan 2.800 jam kerja. Pengalaman kerja ini termasuk salah satu kriteria yang harus dipenuhi. Tak masalah apakah kamu adalah pekerja tetap, paruh waktu, ataupun magang.

5. Menyerahkan Application Letter

Saat kamu mendaftar pada beasiswa ini, kamu harus menyerahkan application letter atau esai aplikasi agar kamu bisa lulus. Essay Chevening inilah yang bisa dijadikan bahan acuan pemberi beasiswa apakah bisa menerima kamu atau tidak. Jadi, buatlah esai yang baik dan revisilah sebelum mengirimkannya, ya!

Topik terkait: Ini Cara Lolos Beasiswa Chevening 2018

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang beasiswa yang diberikan Chevening. Bila kamu benar-benar tertarik dan yakin bisa mendapatkan beasiswa ini, maka segeralah buat essay Chevening yang baik dan tentunya memenuhi kriteria mereka. Tapi, sayangnya kamu harus tunggu tahun depan dulu, karena beasiswa tahun 2017 sudah ditutup.

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.