10 Jurusan yang Paling Diminati di Tahun 2017

Euforia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Neger (SBMPTN) tahun 2017 memang sudah berlalu, namun tentu saja tahun depan euforianya akan tetap sama, bahkan mungkin lebih meriah lagi. Sebagai seleksi nasional penentu masuknya kamu ke jurusan dan universitas impianmu, wajar saja bila setiap anak SMA yang baru lulus akan mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi SBMPTN ini. Nah, di kesempatan ini, kita akan mengulik lebih jauh tentang 10 jurusan kuliah favorit yang paling banyak diminati peserta SBMPTN dari tahun ke tahun.

Menentukan jurusan kuliah memang gampang-gampang susah. Tak jarang, banyak di antara kita yang hingga lulus SMA belum juga tahu jurusan mana yang kita inginkan. Tes jurusan kuliah yang biasanya diadakan oleh pihak sekolah mungkin bisa membantu, meski tentu saja yang paling tahu mana yang pas dan terbaik buat kamu adalah dirimu sendiri. Nah, siapa tahu dengan membaca 10 jurusan kuliah favorit ini, kamu bisa mendapat gambaran lebih jelas tentang prospek jurusanmu di masa depan. Check it out!

 

1.Manajemen

Program studi manajemen di tahun 2017 diminati oleh sekitar 139,109 peserta. Tak ayal, jurusan ini memang banyak diminati karena terbukti merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan prospek karier yang cerah di masa depan di berbagai industri dan perusahaan. Bila kamu tertarik dengan studi manajemen, kamu bisa memilih konsentrasi di antaranya manajemen bisnis, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen syariah, dan manajemen produksi.

 

2. Akuntansi

Dari tahun ke tahun, akuntasi senantiasa diminati oleh banyak calon mahasiswa. Jurusan favorit ini menawarkan peluang karier sebagai akuntan, manajer bagian keuangan, hingga konsultan keuangan. Akuntasi juga memiliki banyak konsentrasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan minatmu.

 

3. Ilmu Hukum

Tahun 2017, ilmu hukum diminati oleh sekitar 81,050 peserta SBMPTN. Studi ini memungkinkan kamu untuk belajar teori dan praktik hukum baik di Indonesia maupun internasional. Prospek karirnya sangat beragam, namun yang paling mentereng tentu saja adalah menjadi pengacara dan notaris. Kamu harus lanjut sampai S2 dan magang di kantor hukum bila hendak meraih posisi kerja tersebut.

 

4. Kedokteran

Kedokteran menjadi program studi di bidang sains yang paling diincar. Hal ini selaras dengan target Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa Indonesia masih kekurangan sekitar 110 ribu dokter, khususnya yang bertugas di daerah. Menjadi dokter memang profesi mulia yang membanggakan,meski prosesnya juga tak bisa dibilang sebentar. Setelah menamatkan S1, kamu harus melanjutkan program profesi, sumpah dokter, dan magang selama kurang lebih 1 tahun sebelum nantinya dinyatakan resmi sebagai dokter umum.

 

5. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah cabang ilmu teknik yang paling tua di dunia. Terang saja hal ini membuat sekitar 62,957 calon mahasiswa berduyun-duyun mengikuti tes untuk masuk ke jurusan ini. Sebagai negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur, Indonesia memang butuh puluhan ribu sarjana teknik sipil untuk bekerja di sektor pembangunan.

 

 

6. Ilmu Komunikasi

Belajar ilmu komunikasi sangat mengasyikkan karena ritmenya yang dinamis. Kamu akan diajari dasar-dasar ilmu komunikasi di berbagai lini seperti publik, massa, formal, dan lain sebagainya. Lulusan jurusan ini memiliki peluang karier yang sangat beragam mulai dari jurnalis, copywriter, asisten produksi, public relation, content creator, pekerja kreatif media, dan lain sebagainya.

 

7. Teknik Informatika

Selain menyandang predikat jurusan kuliah favorit, Teknik Informatika juga menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan prospek masa depan cerah. Perkembangan teknologi digital yang demikian pesat membuat lulusan jurusan ini akan sangat dibutuhkan di hampir setiap lini industri. Kamu bisa memilih untuk berkarier sebagai programmer, konsultan IT, system analyst, software engineer, atau membuka usahamu sendiri di bidang start-up IT.

 

8. Psikologi

Program studi psikologi termasuk jurusan kuliah favorit yang mempelajari tentang seluk beluk karakter, mental, pikiran, dan perilaku manusia. Psikologi memiliki pilihan karier yang sangat beragam, meski untuk menjadi seorang psikolog kamu harus melanjutkan studi lanjut setelah lulus S1. Bekerja sebagai HRD, konselor, peneliti, praktisi pendidikan adalah beberapa pilihan karier yang bisa dipilih lulusan jurusan psikologi.

 

9. Farmasi

Farmasi memang lekat dengan Ilmu Kimia, meski sebenarnya fokus kedua jurusan ini berbeda. Di Farmasi, kamu akan mempelajari struktur terkecil senyawa dan pengolahannya hingga nantinya bisa melakukan formula dan meracik obat dan produk farmasi lainnya. Apoteker, peneliti, analis farmasi, atau industri obat adalah pilihan karier yang bisa diambil nantinya.

 

10. Agribisnis

Agribisnis bisa dibilang merupakan jurusan kuliah yang sedang naik daun. Mempelajari manajemen dan bisnis di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan, kamu nantinya akan memiliki kecakapan di beberapa lini tersebut. Tentunya, program studi ini berprospek cerah karena Indonesia adalah negara agraris yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Kamu bisa berkarier sebagai wirausaha, penyuluh pertanian, konselor, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah 10 jurusan kuliah paling favorit di tahun 2017 ini. Buat kamu yang sedang bersiap tes jurusan kuliah tahun depan, selamat mempersiapkan diri sebaik-baiknya!

 

Butuh pinjaman uang cepat untuk biaya kuliah? KLIK DI SINI!

 

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.