10 Jurusan Kuliah Bergaji Tinggi

Sudah menjelang akhir tahun, sebentar lagi kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 3 SMA akan menempuh Ujian Nasional yang menentukan kelulusan. Setelah lulus, hal yang paling penting untuk dipikirkan adalah memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan memiliki prospek cerah ke depan baik untuk karir maupun pengembangan diri. Apakah kamu masih bingung hendak memilih jurusan yang mana? Pastikan kamu tidak tergiur dengan jurusan yang diklaim menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi. Kamu tidak ingin salah pilih jurusan dan akan membuatmu menyesal di kemudian hari kan?

Jika kamu mengedepankan karier yang cemerlang setelah lulus nanti, pasti sebagian besar akan cenderung untuk memilih jurusan-jurusan populer seperti kedokteran, hukum, ekonomi, politik, teknik dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu, selain jurusan populer tersebut, masih ada banyak jurusan kuliah yang cenderung sepi peminat namun memiliki potensi masa depan gemilang di pendapatan dan pengembangan diri? Berikut ini 10 jurusan kuliah dengan gaji tinggi dan sepi peminat yang harus kamu tahu sebelum kamu benar-benar matang menentukan pilihan kamu.

Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

1. Jurnalistik

 

Jurusan jurnalistik identik dengan profesi wartawan di Indonesia. Padahal, faktanya sama sekali tidak demikian. Tidak semua lulusan jurnalistik harus berprofesi sebagai wartawan, justru jurusan ini menawarkan kesempatan karier yang begitu luas. Kamu bisa bekerja sebagai redaksi surat kabar atau majalah, kru televisi, penyiar berita, public relation, editor, bahkan penulis paruh waktu di rumah. Kamu juga bisa memenuhi syarat lowongan kerja di rumah gaji tinggi yang saat ini banyak dibutuhkan seperti freelance writer atau content writer. Jurnalistik ini adalah jurusan yang kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dengan ritme kerja yang dinamis dan fun. Asyik deh untuk dilakoni.

2. Kehutanan

Waduh, lulus kuliah berarti jadi penjaga hutan dong? Buang jauh-jauh anggapan tersebut. Kuliah di jurusan kehutanan justru menjanjikan banyak lowongan kerja yang prospektif di sektor pemerintahan, khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ditambah lagi dengan fakta kondisi hutan di Indonesia yang kian lama kian tergerus dan menyempit, pastinya banyak butuh ahli dan pengelola kehutanan untuk menanganinya.

3. Filsafat

Tak banyak yang meminati jurusan ini, bahkan banyak yang mencibir sebagai jurusan bagi orang-orang yang hanya hobi melamun dan berpikiran aneh. Padahal, filsafat adalah ilmu tingkat tinggi yang membuat kita mampu mengasah logika berpikir dan menginterprestasi bahasa dengan lugas dan dalam. Nantinya, kamu akan sangat dibutuhkan untuk bekerja di lingkup negara, bisnis dan penelitian sebagai penasihat loh. Sudah tentu gajinya sudah tinggi.

4. Pendidikan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)

Berbanding terbalik dengan saudara dekatnya, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sangat diminati sebagai jurusan kuliah, jurusan Pendidikan Guru SLB sangat minim. Tak banyak yang berminat dan tahu bahwa jurusan ini amat sangat dibutuhkan di Indonesia untuk menciptakan guru-guru SLB yang kompeten dan bisa mengajar murid-murid berkebutuhan khusus dengan baik. Menjadi guru SLB juga menawarkan tantangan dan pahala berlipat yang belum tentu kamu dapatkan dari jurusan lain loh!

5. Astronomi

Di luar negeri, khususnya negara-negara maju yang teknologi luar angkasanya sudah mumpuni seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, China dan Rusia, jurusan astronomi adalah jurusan favorit. Sangat berbeda halnya dengan di Indonesia yang belum banyak peminatnya, padahal jurusan ini menjanjikan prospek karier yang sangat cemerlang untuk bekerja di badan antariksa baik nasional seperti BATAN dan LAPAN maupun internasional seperti NASA yang notabene pasti memberikan gaji yang fantastis.

6. Pengobatan Herbal dan Tradisional

Sekilas, jurusan ini memang banyak membuat orang mengerutkan kening. Padahal, ilmu tentang pengobatan dan herbal tradisional di negeri yang kaya akan rempah-rempah dan tanaman tradisional ini seharusnya sangat berpeluangan dan dibutuhkan banyak orang. Bayangkan, bila kamu adalah ahli herbal yang nantinya menemukan zat obat baru dan dipatenkan, tentu kamu akan mendapatkan royalti seumur hidup yang akan menjamin finansialmu.

7. Sosiologi

Kamu tahu kan, saat ini kondisi moral anak muda di Indonesia kian menurun dan cenderung memprihatinkan. Nilai-nilai moral dan tata krama banyak yang diabaikan dan banyak yang menganut gaya hidup bebas ala Barat yang tak sesuai. Di sinilah peranmu kelak sebagai lulusan Sosiologi dibutuhkan. Seorang Sarjana Sosiologi akan memiliki kemampuan mumpuni dalam mengatasi kehidupan dan permasalahan sosial. Hal ini membuat lulusan jurusan ini banyak diincar untuk menduduki jabatan penting di berbagai bidang yang menuntut kecakapan sosial dan tata krama tinggi.

8. Sastra Nusantara

Sastra Jawa, Sastra Sunda, hingga Sastra Minahasa hanyalah sederet jenis ilmu sastra nusantara yang dimiliki Indonesia. Jangan keburu memandang sebelah mata pada jurusan yang satu ini. Kamu nantinya akan belajar banyak hal tentang fenomena budaya dan karya sastra nusantara yang sangat kaya dan merupakan manuskrip sejarah yang tak ternilai harganya. Menguasai ilmu sastra nusantara memungkinkanmu untuk bekerja dan menjalin relasi dengan banyak orang di berbagai bidang pekerjaan. Kamu bisa berkecimpung di industri pendidikan, media, bisnis, hingga pemerintahan loh!

9. Seni Rupa dan Seni Peran

Jurusan seni rupa dan seni peran tak melulu identik dengan aktor dan aktris. Jurusan ini sangat dinamis dan akan membentuk kecakapan olah jiwa dan raga serta kreatifitas tinggi di bidang kesenian. Di era milenial seperti sekarang, banyak sekali pekerjaan seni yang dibutuhkan seperti penata rias, penata busana, penulis naskah, koreografer, sutradara hingga prosedur film yang semua ilmunya bisa kamu pelajari di jurusan ini.

10. Pertanian

Coba kamu hitung, ada berapa generasi modern yang tertarik untuk belajar tentang studi pertanian dan pangan? Tidak banyak bukan? Padahal, Indonesia adalah negara agraris di mana komoditas yang utama dihasilkan adalah hasil pertanian dan perkebunan. Jelas, jurusan ini sangat dibutuhkan dan memiliki prospek karier yang cerah.

Bagaimana, sekarang pikiranmu lebih terbuka kan? Sekarang saatnya kamu tentukan jurusan kuliahmu sesuai passion dan selamat mengejar cita-citamu!

Banner pinjaman modal ktp - AKS2ADS4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *